Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

museum tempat untuk edukasi anak di jakarta

Museum adalah tempat untuk menyimpan barang antik dan barang sejarah untuk di lihat oleh masyarakat umum. 

Banyak benda-benda bersejarah untuk di pamerkan untuk mengenang beberapa besar pengaruh benda tersebut pada jamannya inilah beberapa museum untuk di kenang. 

  • Museum Layang-layang Indonesia

Begitu saya menginjakkan kaki di Jakarta, saya bergegas membuka google untuk selanjutnya mencari obyek wisata yang lain, dari pada yang lain. 

Selama ini kalau ke Jakarta selalu berkunjung ke tempat-tempat uang udah banyak dikunjungi orang dan terkenal. 
Kali ini saya mencoba untuk mendatangi museum-museum yang ada di Jakarta, salah satu yang menarik minat saya untuk mengunjungi yaitu Museum Layang-layang. 

Layang-layang seperti apa yang bisa dipamerkan di museum? Buatan siapa? Tahun berapa? Modelnya bagaimana sehingga bisa di kategorikan masuk museum untuk disimpan, yang pastinya memiliki nilai sejarah ya. 

Akhirnya setelah oper naik angkot, busway saya masih harus berjalan kaki untuk bisa ke museum Layang-layang. 
Begitu masuk ke halaman museum berasa Homme banget, serasa di halaman rumah sendiri. Ada joglo dan taman. Saya membeli tiket seharga 15 ribu. 

Itupun sudah dapat melihat sinematografi tentang layang-layang dan sejarah serta budaya. 

Tiak lama setelah film selesai saya berkeliling taman dan melihat anak-anak kecil belajar membuat layang-layang dengan ditemani petugas dari museum layang-layang. 
Toilet juga cukup bersih. Tempatnya juga nyaman tidak bising. Ada satu tempat utama kayanya yang berisi banyak layang-layang dari dalam maupun luar negeri dengan berbagai macam bentuk, corak, warna, gambar dan sejarah dari layang-layang itu sendiri. Sangat bagus sekali untuk anak-anak berwisata. 
Saya Senang bisa tahu lebih soal layang-layang karya anak bangsa. Sambil sesekali bikin layang, bikin ingat masa kecil. Kalau anda bawa anak-anak itu akan lebih seru lagi sih. Tempatnya nyaman banyak pohon teduh. Buat weekend santai banget. 

Sangat menarik. Karena jarang tempat untuk bermain, juga menyuguhkan sejarah dan sekaligus menawarkan untuk membuat dan menghias layang-layang. 

Tempatnya luas, rindang, banyak pohon, adem, udaranya enak buat bermain outdoor, khususnya anak-anak lebih kecil, bisa bermain dan berlari di sekitar situ di dalam lingkungan halaman. 
Dengan membawa berusaha menerbangkan layangan yang telah jadi dihias dengan hasil karya sendiri. Terdapat ruang khusus layangan super besar dan super kecil. Bermain sembari belajar, merupakan konsep museum ini. Sungguh menyenangkan. 

Museum ini adalah museum terluas ke tiga di dunia. Layang layang dari berbagai negara di dunia dan berbagai daerah di indonesia dapat kita temukan disini. 

Jika kita beli tiket seharga 15.000 rupiah, kita dapat fasilitas nonton film tentang layang layang di cozy bioskop mini nya, kemudian melihat koleksi layang layang di dua lokasi museum, lalu boleh membuat layang layang kita sendiri.

 Tersedia mushollah bagi yg melewati waktu sholat, dan buat yang perlu makan, snack maupun makan besar, ada kantin yang enak dan murah. 

Ikan bakarnya enak lho. Tempat Nongkrong yang asik di sekitar kukusan depok. Kopinya enak.

  • MOJA Museum

Terlalu unik, lucu warna-warni yang ceria sangat mengembirakan. Waktu yang diberikan juga cukup banyak sehingga kita dapat cukup waktu untuk mengambil gambar. 

Lokasi nya juga sangat strategis dekat dengan Pondok Indah Mall. Pastikan menggunakan baju-baju aneka warna supaya menambah semarak hasil foto. 
Kalau anda mau gak terlalu rame, datanglah lebih pagi. lni tempatnya buka jam 11, aku sampai di sana jam 11.30 dan tempatnya belum terlalu rame. Tidak antri sama sekali. Kurang lebih dua jam di dalem moja museum ini. 
Spot fotonya semua bagus buat foto, Ga ada batasan waktu untuk foto di tiap spot, kecuali yang kolam mandi bola putih kuning. 

Saran aku, kalau belum dapet foto cantik atau bagus di satu spot, jangan pindah ke spot berikutnya, karena ga bisa balik Iagi. 

Jadi harus sangat dimanfaatkan dengan baik.Tiket masuk 100ribu hari biasa, 125 ribu weekend. 

Hanya terdapat satu ruangan dengan berbagai macam background foto yg unik. Dan juga jalannya pakai sepatu roda. Sepatu rodanya hanya bisa digunakan satu kali pemakaian.

Di setiap sudut memiliki background foto yg unik, Tempatnya unik banget, dan ternyata tempatnya lebih kecil dibandingkan perkiraan. Tapi memang lumayan seru dan servis nya baik. 
Overall gue suka banget tempatnya. Petugas semua ramah dan baik banget. Pelayanan memuaskan tapi memang gak bisa dipungkiri ada beberapa kekurangan. 

  • Karena tempat tidak terlalu besar, jadi dengan jumlah pengunjung yang banyak jadi agak sulit untuk berfoto bahkan panas karena terlalu numpuknya pengunjung. 
  • Menurut gue untuk harga tiket masuk relatif ya, wajar banget kalau ada yg bilang mahal tapi emang gak dipungkiri Moha Museum itu bagus. Tapi sayangnya dengan peraturan tidak boleh balik arah dan masuk lagi jadi sedikit bisa dibilang mahal. Apalagi dengan kondisi lokasi toilet diluar. Sangat menyusahkan. 
  • Ada beberapa spot yang diberi waktu yang cukup sedikit. Wajar sih karena pengunjung yang banyak kasian juga kalau gak kebagian yang lain. 

harga tiket di museum moja ini 125 ribu on weekend (saya sarankan anda untuk membeli tiket dari traveloka dan aplikasi sejenis lainnya). 

Tempatnya cozy dan beberapa spot ada yang memiliki time limit dan one way rute maksudnya adalah ketika sudah masuk ke satu spot tidak bisa kembali ke spot sebelumnya. 

Jika ingin bersantai ria disarankan untuk ambil di weekday saja. tempatnya di daerah pondok indah mall. kalau mau sepi disarankan jam 10 pagi langsung datang ke tempat. 
Museum modern yang terletak di daerah pondok indah. Terdapat banyak karya instalasi seni yang bagus. Setiap ruangan instalasi dibatasi waktu kunjungannya. 

Untuk setiap pengunjung juga disediakan biscuit. Cocok dikunjungi ketika weekend bersama teman maupun pasangan. 

  • Museum Basoeki Abdullah

The best lah Museum nya bersih dan tata interior nya bagus banget. Btw kalo mau kesini, saran ramai-ramai. Museum Basoeki Abdullah beralamat di Jl.Keuangan Raya yang berbatasan dgn Jl. Fatmawati. 

Dulu museum ini adalah rumah pribadi Pak Basoeki Abdullah. Tiket masuknya ramah di kantong, cuma 2 ribu. Di sana kamu bisa lihat lukisan kelas dunia, yuk ke museum Basoeki Abdullah. 
Ini merupakan museum pelukis naturalis yang kondang sehingga lukisannya menghiasi istana dengan harga tiket yg murah sehingga layak dikunjungi oleh setiap lapisan masyarakat. 
Tempatnya bersih, rapi, tertata banget. Di luar
panas, masuk museum langsung adem hehe. Fransiskus Xaverius Basoeki Abdullah adalah salah seorang maestro pelukis aliran realis dan naturalis. 8 tahun setelah Basoeki meninggal pada tahun 1993, rumahnya direnovasi menjadi museum. 
Kumpulan lukisan dan koleksi pribadi miliknya berupa patung, topeng, wayang, senjata, buku dan sebagainya bisa kamu lihat di Museum Basoeki Abdullah. 
Museum yang bagus dan nyaman hanya dengan 2 ribu rupiah. Sepertinya belum lama rampung renovasi. 
Di sini. Yang menarik adalah bekas kamar sang maestro yg penuh dengan ornamen ketuhanan. Museum Basoeki Abdullah karyanya sangat terkenal tiket masuk cuman bayar 2000 perak bisa melihat berbagai macam karya lukis beliau tempatnya sangat bersih dan tenang. 
Museumnya terlalu kecil dan hanya sedikit yang bisa di lihat. Harga tiket terlalu murah sehingga museumnya sendiri kurang terurus. Pelayanan staf cukup ramah dan bagi pengemar pelukis. cukup menarik untuk dikunjungi. 

  • Museum Harry Darsono

museum pribadi ini tepat berada di pertigaan cilandak tengah. bangunan nya bernuansa gothic. buka nya tidak setiap hari. harga nya per paket, Tidak untuk umum, saya beruntung bisa mampir. 
Koleksi museum pribadi yang patut dikunjungi. Museum ini tidak dibuka setiap hari, hanya berdasarkan request atau ketika sedang ada acara. 
Museum unik ini sangat cocok untuk pecinta fashion. Di Museum ini dipamerkan koleksi yang jumlahnya banyak, seperti baju haute couture, baju opera. 

Eksterior dan interior bangunannya juga unik. Lokasinya cukup strategis dikawasan cilandak dan untuk pengunjung sebaiknya reservasi terlebih dahulu sebelum dateng ke tempat ini. 

Tempat ini bukan museum bersejarah yang biasa. Tapi museum kenangan mr. Darsono, dia sendiri bukan pemandu wisata tetapi sebagai tuan rumah yang mengutus Anda untuk melihat koleksi pribadinya dan kisahnya. 

  • Museum Polri. 

Ketika Anda berkunjung di sini, wawasan Anda akan semakin banyak pengalaman. 
Museumnya rapi,bersih, sejuk, dan ramah anak. 

Ada area bermainnya gitu. Bisa foto sama mobil tank atau helikopter juga mobil polisi atau sepeda patroli jaman dulu.
Sangat bagus dan rapih, untuk sejarah kepolisian juga sangat bagus dan dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Jika ingin mengetahui tentang kepolisian dari seragam, kepangkatan, proses terbentuk, dan apapun mengenai polri, datang lah kesini. 
Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan museum semi modern yang dimiliki Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini. 

Dengan desain bangunan tahun 70-an ditambahi jendela-jendela modem menambah kesan klasik modern dengan desain interior mendasari konsep galeri. 
Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia menawarkan penelusuran sejarah kepolisian Negara Republik Indonesia melalui sentuhan galeri sehingga tanpa terasa membawa para pengunjung pada alam kepolisian masa lalu hingga masa kini. 

Warisan-warisan kekayaan Kepolisian Negara Republik lndonesia disajikan untuk anda.
 Museum Kepolisian Negara sangat Bagus, penataannya juga rapi, tapi mungkin tinggal dirawat aja koleksinya. Dan ditambah ada guide-nya biar bisa lebih tanya-tanya untuk pengunjung. 
Area rapih. arsip prefect. petugas jaga museum ramah. rapih. disiplin. sedikit masukan, area parkir kendaraan pengunjung museum di usahakan jgn terlalu jauh. kasian kalau pengunjungnya anak sekolah TK. 
Museum bersih, nyaman, Dan cukup informatif Sesuai kepolisian. Sayang parkir nya agak susah Karena museum ini tidak menyediakan lahan untuk parkir di daerah museum nya. 

Pengalaman saya melihat sejarah Kepolisian Republik lndonesia disini membawa sejuta cerita, Disini semuanya ada, dari foto, video sejarah polri,benda-benda yang dulu digunakan polri seperti senjata, kendaraan. 

Bahkan disini juga disediakan banyak tempat untuk berfoto,seperti contohnya dinding yang di cat dengan desain bertema polri yang menarik. 
Note : Untuk masuknya hanya bisa melalui pintu pejalan kaki, parkiran untuk kendaraan tidak ada karena sayangnya museum ini masih 1 tempat dengan Mabes Polri, jadi masih terikat dengan peraturan ketat. 

Sebagai seorang PNS Polri rasanya jika belum mengunjungi museum ini sepertinya belum afdol. 

Museum yang menggambarkan sejarah institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia ini dibalut dan dikemas dengan sangat menari. Juga disertai ruang anak yang sangat kid-friendly. Semoga semakin jaya. Jaya Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

  • Museum Satria Mandala

Museum ini Bagus untuk anak sekolah bisa mempelajari tentang apa itu TNI. siapa tau kelak ada yang berminat jadi salah satu TNI. yang menjaga keamanan bangsa. 
 lokasi nya di lahan perparkiran depan Tempat belajar sejarah Tentara Nasional Indonesia dari awal kemerdekaan. 

Dahulunya tempat tinggal Dewi Soekarno (Wisma Yaso) sampai akhirnya jadi tempat tinggal Bung Karno hingga menghembuskan nafas terakhirnya. Sekarang tambah menarik ada kegiatan Night in the Museum yang kreatif.
Keliling museum di cahaya minimum ditemani guide, dapat es kopi susu gratis, hiburan musik dan komedi sambil enjoy suasana kafe. Recommended buat ngajak anak kita belajar sejarah. 
Night at museum di satria mandala adalah pengalaman pertama aku masuk museum malem yg menakjubkan selain hawanya yg lebih mencekam diakhir perjalanan juga para pengunjung diberikan segelas es. 
Tempat Ini Sangat bagus untuk anak kita, sejarah yang dari kecil dapat dia ketahui sangat berharga pada masa depannya Tempat yang luas memudahkan kita untuk menikmati sejarah perjuangan para pahlawan. 

Museum perjuangan TNI. sangat bermanfaat buat wisata edukasi anak sekolah. didalamnya banyak miniatur perang dari Bandung lautan api, jendral Sudirman dll. sangat recommended buat anak yang mau liburan ke daerah Jakarta supaya tau sejarah masa lampau. 
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "museum tempat untuk edukasi anak di jakarta"