Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Cara mempromosikan Toko Online secara gratis

Toko online pada saat ini banyak dilirik karena potensi penghasilan yang relatif menjanjikan. Jika dikelola dengan sangat baik, toko online bisa menjadi bisnis yang sangat berkualitas.

Namun tentu saja banyak pula yang gagal dalam membuat toko online di awalnya karena kurang pemahaman atau biaya yang dibutuhkan.


Setiap usaha apapun butuh kerja keras dan komitmen dalam mengerjakannya. Banyak faktor yang  mempengaruhi toko online anda sukses atau sebaliknya, salah satunya adalah promosi.


Promosi yang tepat dan terarah bisa mendatangkan banyak pengunjung ke toko online anda. Berikut ini :


Berbagai Cara mempromosikan Toko Online secara gratis

Toko online


  • Facebook Ads

Mempromosikan produk di Facebook Ads sangat saya anjurkan karena terbukti sangat efektif. Keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah mudah digunakan fiturnya, mudah melakukan pengaturan dana, dapat mengatur jadwal iklan dan bisa menentukan target market yang lebih spesifik.


Maka jika seandainya anda ingin mendapatkan lebih banyak penjualan, pertimbangkanlah untuk menggunakan Facebook Ads.

  • Google Ads

Dengan menggunakan layanan iklan di Google Ads anda dapat menempatkan iklan di hasil mesin pencarian Google.


Kampanye iklan ini bisa sangat tertarget karena didasarkan pada kata kunci yang orang gunakan dalam kotak mesin penelusuran Google.


Anda hanya akan di kenakan biaya untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung dimana ini membuat Google Ads sangat efektif dari segi pembiayaan.

  • Bing ads

Bing Ads sama seperti google Ads tetapi ini ditawarkan oleh Bing dan iklan di munculkan dalam search engine Bing dan Yahoo website dan website lain yang mengikuti program Bing ads.


Bing Ads tidak seefektif Google Ads tetapi ini masih layak untuk anda coba untuk mempromosikan produk anda. 

  • Blog

Ketiga cara promosi diatas adalah cara berbayar, jika anda ingin tanpa berbayar maka anda bisa mencoba blog gratisan, jika anda menggunakan cara ini anda akan bekerja dua kali kalau belum mempunyai blog.


Karena anda harus mendongkrak pengunjung blog, tapi tidak juga anda juga bisa langsung menjual produk di blog yang anda buat.


Dibutuhkan banyak usaha dan kerja keras untuk dapat mempromosikan melalui blog. Anda dapat membuat blog yang khusus membahas artikel-artikel produk yang sedang anda jual.


Blog ini hanya diperuntukan untuk mereview produk yang sedang anda jual saja serta segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi detail produk-produk anda.

  • Newsletter dan Email Marketing

Pernahkah anda menjumpai sebuah website  yang mengajak anda untuk memasukkan data alamat email anda? Data email yang masuk itulah yang menjadi list building.


List building bermanfaat bagi seorang pemilik website untuk mengirimkan newsletter dan email marketing yang berupa penawaran, promosi produk terbaru, survei kepuasan pelanggan, dll.


Semakin banyak list building anda, semakin besar pula anda menarik pelanggan untuk menuju website toko online anda dan itu berarti semakin besar peluang terjadinya penjualan yang dilakukan. 

  • Mobile App

Marketing mobile pada saat ini sedang meningkat dan sesuatu yang tidak bisa anda abaikan. Memiliki sebuah website yang user friendly terhadap pengguna mobile adalah suatu keharusan, Karena pada saat ini pengunaan handphone atau gadget sangat tinggi dan akan terus meningkat.


Jika hal ini dilakukan dengan benar, aplikasi mobile adalah cara yang bagus untuk meningkatkan brand terkenal.

  • Market Place

Banyak sekali situs-situs market place yang bisa anda gunakan sebagai media promosi secara online, selain gratis market place bisa meningkatkan pengunjung toko online anda dan bisa meningkatkan transaksi jual beli. Contoh market place : kaskus, Tokopedia, shopee, olx.co.id , bukalapak.com, dll.

  • Social Media

Selain Facebook ads ada juga jaringan sosial lain yang besar untuk bisa mempromosikan toko online. Yang paling patut dicoba adalah: Twitter, Pinterest, Instagram, dan LinkedIn.


Media sosial menjadi tren pada saat ini, dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, tetapi semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahannya, ketenaran di media sosial bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan toko online anda.


Jika anda mempunyai cukup modal anda bisa mempromosikan di media sosial dengan cara berbayar agar target yang dicapai bisa maksimal, atau jika tidak mempunyai biaya, anda bisa mempromosikan secara gratis dengan cara membuat fanpage.


Sering melakukan update status tentang produk yang anda jual, share testimoni produk anda, mengajak teman anda untuk share produk anda, berbagi video tentang produk anda, dll. 


Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Berbagai Cara mempromosikan Toko Online secara gratis"