Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat video YouTube anda menjadi populer

Apakah anda sering mengedit sebuah video dan menguploadnya video di YouTube? Bisa sebuah video apa saja, bisa tentang kegiatan sehari-hari anda atau video tentang hobi anda, tingkah lucu, hal-hal yang menarik perhatian anda atau orang lain, dll. 

Cara membuat video YouTube anda menjadi populer


Jika anda juga hobi upload video ke YouTube, berarti masa depan anda cerah, secerah matahari terbit di waktu musim kemarau, berikut ini cara sederhana yang dapat membantu anda agar video YouTube anda tersebut menjadi populer :

Cara membuat video YouTube anda menjadi populer

  • Buatlah sebuah video yang unik dan menarik

Konten video yang anda buat harus sesuatu menarik perhatian orang agar orang tersebut mau melihat video anda. Saya sarankan membuat video dengan kualitas pendidikan dan diselingi dengan humor yang sederhana.


Jika video anda dapat menarik orang banyak, maka secara tidak langsung mereka akan mengajak orang lain pula untuk menontonnya melalui sharing ke beberapa media sosial, ini tentunya bisa membuat video anda semakin terkenal.

  •  Pastikan memberi judul yang unik 

Judul adalah bagian yang paling berperan penting dalam hal ini, saya sarankan berhati-hati dalam memberikan judul karena sekarang banyak salah tafsir ketika cuma melihat sebuah judul tanpa menonton video nya. Banyak video di YouTube yang bisa mencapai ratusan ribu bahkan sampai jutaan penonton dalam beberapa hari karena sebuah judul yang unik.


Judul adalah hal yang pertama dilihat orang lain untuk menilai video anda, jadi pastikan judul anda unik dan bisa membuat penasaran, tambahkan juga gambar di depan video Anda yang menggambarkan video seluruh isi video anda. 

  •  Judul harus sesuai dengan isi konten

Judul memang menjadi kesan pertama bagi penonton, tetapi jika judul tidak sesuai dengan isi konten video, maka penonton anda akan melarikan diri dan meninggalkan dislike. Dan poin selanjutnya adalah sharing ke media sosial yang bisa membuat video anda terkenal. Jika judul video anda menipu, tentu mereka akan enggan untuk sharing video anda. 

  •  Topik yang dibahas lagi hangat 

Kebanyakan orang-orang suka untuk mencari tahu berita dan informasi yang terbaru dan terhangat saat ini. Anda juga bisa memanfaatkan hal ini untuk mempublikasikan melalui sebuah video Berita paling hangat di masyarakat bisa bertema tentang sebuah kasus artis, musik, politik, dan apapun berita terbaru yang lain.

  •  Beri tag dan deskripsi pada video Anda

Memberikan tag dan deskripsi di setiap video yang anda upload bisa memudahkan mesin pencari Youtube untuk menemukan video anda. Selain itu, penonton juga akan lebih menghargai jika video anda memiliki deskripsi yang baik dan jelas.

  • Hindari upload video dengan durasi waktu yang terlalu panjang

Pelanggan akan sangat bosan dan meninggalkan channel anda, jika anda upload video dengan durasi waktu lama. Mereka akan berpikir untuk tidak membuang-buang waktu mereka, dengan melihat video anda yang panjang, apalagi bagi mereka yang memiliki koneksi internet di bawah kecepatan standar, kecuali Anda meng-upload film, tutorial, kumpulan musik, hal tentang pendidikan dan lainnya..

  •  Buatlah video yang original

Buatlah video karya anda sendiri, membuat video original akan lebih dihargai oleh penonton. Video yang tidak original tidak hanya akan mendapatkan klaim hak cipta pihak ketiga, tetapi itu juga bisa mempengaruhi popularitas video Anda, apalagi sudah banyak video sama yang tidak original di channel yang lain.

  •  Pasang anotasi link di halaman video

Membuat link untuk di tempelkan di Video YouTube. Dengan memasang anotasi di halaman video, ini bisa memungkinkan penonton untuk berkunjung ke koleksi video anda yang lain. Gunanya untuk bisa memperkenalkan video anda yang lain, agar bisa dilihat oleh viewer. 

  •  Promosikan video YouTube Anda

Setelah anda mempublikasikan video anda di YouTube, jangan lupa pula untuk sharing video Anda ke beberapa media sosial. Bisa di promosikan di facebook, instagram, twitter, dll. Ajak teman-teman anda untuk mau menonton koleksi video anda. Jika memang video Anda menarik, pasti mereka akan mau untuk menontonnya. Jika anda memliki sebuah website, maka video anda pun bisa anda tampilkan di website anda. 

  •  Perbanyak koleksi video Anda

Jika video-video yang anda buat menarik perhatian banyak orang, maka akan banyak penonton yang akan menjadi penonton setia video anda. Bahkan mereka akan menantikan video anda selanjutnya, dengan menekan tombol lonceng di subscriber YouTube, Jika koleksi video anda sudah banyak, maka penonton tidak akan ragu untuk berlangganan. 

  •  Balaslah setiap komentar bagus dari subscriber anda

Jika Anda membalas komentar pelanggan atau orang yang cuma mampir, maka mereka akan merasa sangat dihargai.   Selain itu, balasan anda akan dikirimkan lewat email mereka sehingga terkadang mereka pun mengunjungi video anda lagi hanya untuk membaca balasan komentar anda. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk membalas komentar dari pelanggan anda. Terkadang anda juga bisa mendapatkan masukan yang bagus dari pelanggan anda.

  •  Perbanyak subscriber

Perbanyaklah subscriber channel video YouTube anda, maka setiap kali anda meng-upload video baru, maka secara otomatis mereka akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau fitur lonceng pemberitahuan di YouTube. Dan kemungkinan besar banyak di antara mereka yang akan mau menonton video terbaru anda. Untuk mendapakan banyak subscriber cukup susah dan membutuhkan banyak waktu. 

 

Cobalah untuk mempraktekkan setiap langkah-langkah diatas. Maka subscriber anda akan bertambah banyak. Dan akan membuat video YouTube anda menjadi populer

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara membuat video YouTube anda menjadi populer"