Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menarik Minat Pembeli ke Toko Online

Apakah anda merasa bahwa website toko online yang Anda kelola banyak pengunjungnya, akan tetapi anda merasa, hanya sedikit proses penjualan yang terjadi?

Berarti banyaknya traffic pengunjung website tadi, hanya melihat-lihat dan mampir di website anda, dan tidak memutuskan untuk melakukan proses jual beli.

Apa masalahnya? Coba lakukan sedikit perubahan pada website anda dan coba lihat bagaimana omzet penjualan anda apakah akan meningkat.

Cara menarik perhatian Pembeli


Lihatlah apakah para pengunjung akan berubah menjadi customer. Berikut ini trik psikologis untuk bisa meningkatkan omzet penjualan toko online :

Cara menarik Minat Pembeli ke Toko Online

  • Kontras

Di internet, jika anda berhasil menarik perhatian pengunjung entah itu di website ataupun di media sosial maka anda berpeluang besar untuk mengubahnya menjadi penjualan.


Gunakanlah efek kontras untuk dapat meningkatkan penjualan di toko online anda. Ada beberapa efek kontras yang sering digunakan :

    • Menampilkan sebuah gambar produk lebih besar dari gambar produk lainnya. Satu perbedaan bisa merubah tampilan, misalnya bentuk ataupun ukuran, akan bisa menarik perhatian mengunjung untuk memperhatikan bentuk atau ukuran yang berbeda dari produk yang lain tersebut.

    • Membedakan warna nominal harga biasa dengan warna nominal harga diskon. Biasanya ada warna nominal harga normal hitam dan dicoret kemudian warna nominal harga promo diberi warna merah. Warna merah secara otomatis bisa menarik perhatian pengunjung. Kontras warna ini bisa menegaskan perbedaan antara harga normal yang terlalu mahal dan harga diskon yang lebih murah.

  • Mentalitas Kawanan

Mentalitas kawanan di era serba instan dan digital ini adalah perilaku yang meniru pada perilaku orang lain disekitarnya.


Itulah mengapa anda sering menjumpai orang mau membeli barang yang kadangkala tidak terlalu dibutuhkan tetapi karena banyak kawan yang mau beli maka dia jadi ikutan membeli.


Ya, terutama untuk kaum wanita nih... ada saja alasan untuk membelanjakan uang. Baik, bagaimana cara nya untuk bisa memanfaatkan perilaku seperti ini di dunia internet.


Manfaatkan perilaku mentalitas kawanan di toko online anda, coba anda perhatikan di website E-commerce pasti anda sering menjumpai area khusus untuk memajang 


“produk recommended”, 

“produk yang lagi trend”, 

“related product” atau

“produk terlaris”. 


Entah itu dibagain samping, atas, tengah ataukah bawah di website mereka. Ya, itu adalah trik untuk memberi tahu bahwasanya banyak orang telah menggunakan produk tersebut.


Dan pengunjung akan tertarik juga untuk mendapatkan produk yang ditawarkan di area tersebut. 

  • Baru

Kata “BARU” bisa memiliki nilai yang cukup kuat untuk bisa menarik perhatian customer. Oleh karena itu anda pasti sering menjumpai website toko online yang memasang halaman khusus untuk PRODUK TERBARU yang mereka jual. 

  • Paradoks Pilihan

Berilah beberapa pilihan yang tidak terlalu banyak dalam salah satu halaman khusus. Terlalu banyak produk yang anda tampilkan di website, maka pengunjung anda akan mengalami kebosanan untuk melihat satu persatu produk anda.


Dan akan terkesan rumit. Misal anda menampilkan 6-10 produk dalam satu halaman itu akan lebih baik dari pada anda menampilkan 20-40 produk dalam satu halaman terlebih gambarnya sangat kecil-kecil.


Semakin sedikit produk yang di tampilkan akan lebih mudah untuk memperhatikan setiap item yang ditawarkan, apalagi jika di tambahi ulasan yang objektif dan jelas.

  • Kelangkaan

Kelangkaan sebuah produk dapat menuntun orang secara psikologis untuk takut kehilangan kesempatan untuk mendapatkan produk tersebut.

. Trik kelangkaan yang bisa anda gunakan adalah: cantumkan jumlah stok yang masih ada, produk akan dijual terbatas, limited design atau only 1 pc per desain.


Maka orang akan belomba-lomba membeli produk yang anda tawarkan. 

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara menarik Minat Pembeli ke Toko Online"