Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendaftarkan YouTube ke Adsense

Seiring berjalannya waktu video YouTube Anda bisa di monetaisi, semakin banyak penayangan semakin mudah untuk dilakukan monetaisi, Anda mungkin ingin mendaftar mitra Adsense yang akan anda kaitkan dengan akun YouTube. 

Ketika anda berhasil menautkan dua akun tersebut, berarti Anda berhak menayangkan iklan, dan menerima pembayaran dari iklan di YouTube anda.
Cara mendaftarkan YouTube ke Adsense

Untuk bisa mendaftarkan ke akun Adsense melalui YouTube, ikutilah langkah-langkah berikut di bawah:

Cara mendaftarkan YouTube ke Adsense

  • Pastikan akun YouTube Anda bisa diaktifkan untuk di monetisasi.
  • Kirim permohonan keinginan Anda, untuk membuat akun Adsense, yang akan ditautkan dengan akun YouTube Anda. Setelah akun Anda disetujui, Anda akan melihat sebuah label "Akun host" di halaman Beranda pada akun Adsense Anda.
  • Google akan mengirimi Anda pembayaran pada setiap bulan, setelah saldo Adsense Anda melampaui 1,3jt rupiah minimal penarikan dana di Indonesia, dengan perkiraan akun YouTube dan Adsense Anda berkinerja baik, tetapi kalau tidak ada penayangan iklan karena jumlah penonton sedikit, maka akan di bayarkan bulan selanjutnya. 

Jika Anda memiliki sebuah situs website dan sudah memiliki domain TLD sendiri, dan Anda ingin menampilkan sebuah iklan di website Anda, Anda perlu mengirimkan sebuah formulir permohonan satu kali, ke google dan menempatkan kode adsense di dalam menu html website anda, di antara head to head, untuk memberi tahu google URL situs website anda yang ingin di tampilkan iklan.

Anda perlu menyelesaikan langkah-langkah ini jika Anda ingin memonetisasi situs website Anda sendiri, Anda tidak perlu mengambil tindakan yang lain untuk tetap mau memonetisasi video YouTube Anda, karena mendaftarkan adsense melalui YouTube dan website beda caranya, dan keduanya sama-sama memiliki peninjauan tersendiri.

Setelah permohonan Anda disetujui dalam beberapa hari, atau satu bulan, label "Akun host" akan dihapus dari halaman Beranda anda, pada akun Adsense yang sudah di setujui maka Anda akan memiliki akses untuk membuat kode iklan Adsense yang dibutuhkan untuk memonetisasikan situs website Anda.

 Menyiapkan channel dan video untuk di monetisasi

Dengan menjadi mitra anggota YouTube, Anda dapat memonetisasi video di channel anda dan menghasilkan uang dari pendapatan yang diperoleh dari penayangan iklan. Sebelum Anda memulainya, periksalah kelayakan channel anda dan pelajari cara untuk bisa ikut serta. 

Selanjutnya, pelajarilah cara untuk mengaktifkan video yang layak atau bermanfaat ditonton publik untuk bisa menghasilkan uang buatlah desain video yang menghibur dan mendidik itu akan membuat subscriber betah menonton video anda.

Mengaktifkan monetisasi pada saluran YouTube anda 

Untuk memeriksa kelayakan saluran video Anda dan ikut serta dalam monetisasi:

  • Buka halaman monetisasi pada setelan akun anda.
  • Klik Aktifkan Akun Saya. Anda akan melihat opsi ini jika akun Anda belum pernah dinonaktifkan untuk monetisasi.
  • Ikuti langkah-langkah tersebut untuk menyetujui perjanjian monetisasi YouTube. Jika akun anda tidak memenuhi syarat untuk dimonetisasi, Anda akan melihat sebuah pesan yang berbeda. 

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang alasan tidak bisa dimonetisasi dan beberapa hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Menyetel monetisasi video

Setelah anda mengikutsertakan saluran untuk dimonetisasi, Anda dapat mengaktifkan sebuah video yang layak untuk dapat menghasilkan uang dari iklan yang relevan. 

Pastikan video Anda memenuhi kriteria untuk bisa dimonetisasi.

  • Ikuti langkah-langkah yang tersedia untuk bisa mengaktifkan iklan pada video yang ingin Anda monetisasi. Jika ada lebih dari satu video yang ingin anda monetisasi, ikuti langkah-langkah untuk bisa memonetisasi beberapa video sekaligus.

  • Untuk bisa menghasilkan uang dari video yang telah dimonetisasi dan mendapatkan pembayaran setelah mencapai batas pembayaran, Anda harus mengaitkan akun Adsense yang telah disetujui dengan akun YouTube. Anda juga bisa membuat akun Adsense baru atau mengaitkan akun yang ada. Jangan membuat akun duplikat karena hal ini bertentangan dengan Persyaratan dan Ketentuan Adsense. Agar bisa terhubung dengan akun Adsense, akun YouTube Anda tidak boleh dinonaktifkan untuk monetisasi.

 Alasan Monetisasi untuk saluran video saya dinonaktifkan

Jika monetisasi dinon-aktifkan pada saluran YouTube Anda, hal ini mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu tindakan berikut ini bisa mengakibatkan penangguhan pembayaran:

  • Mencoba memonetisasi video orang lain atau video yang tidak memenuhi syarat Monetisasi
  • Melanggar Kebijakan Program google Adsense atau syarat Layanan YouTube

Periksalah status monetisasi pada saluran Anda apakah bisa dilakukan monetaisi video anda, untuk bisa memeriksa status monetisasi pada saluran video Anda, lalu bukalah pada Bagian status dan fitur pada saluran atau ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:
  • Masuk ke akun YouTube anda.
  • Di sebelah kanan atas, klik ikon akun Anda > Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri di bagian "Saluran," klik Status dan fitur.
Untuk bisa memonetisasi saluran video Anda yang terjadi masalah,Tergantung apa masalah yang ada pada video atau saluran, Anda dapat mengambil tindakan seperlunya untuk memulihkan monetisasi.

Perlu diperhatikan bahwa jika anda melakukan pelanggaran berat terhadap Kebijakan Program Mitra adsense, itu dapat mengakibatkan monetisasi video dinonaktifkan secara permanen pada semua akun YouTube Anda.
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara mendaftarkan YouTube ke Adsense"