Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Jika anda sangat ingin mendapatkan uang dari Youtube, maka anda harus mengupload sebuah konten video yang unik dan menarik ke Youtube. Peluang anda untuk bisa mendapatkan sebuah penghasilan lebih akan semakin besar seiring banyaknya penonton. 
Cara mendapatkan uang dari YouTube

Pada Saat-saat ini banyak sekali orang yang bisa menghasilkan uang dari video-video yang mereka upload ke Youtube, bahkan ada orang yang bisa menghasilkan uang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah lebih per bulan. Anda juga mau kan? Lalu, dari manakah uang yang kita dapatkan tersebut? 

Berikut ini gambarannya, ada berbagai jenis video bisa anda tonton di Youtube, mulai dari video sebuah tutorial, video konser musik, sebuah video berita, video lucu, video tentang teknologi, video dari cuplikan film, dan masih ada banyak lagi video lainnya.

Saat anda menonton salah satu Video di Youtube pasti seringkali menjumpai iklan yang ada di sana, baik itu berada di bagian videonya ataupun di bagian halaman sidebar. Iklan tersebut biasanya hanya tampil pada video yang jumlah viewsnya cukup banyak. Penghasilan yang diterima dari pemilik video berasal klik iklan atau jumlah views iklan yang muncul di video tersebut.

Cara mendapatkan uang dari YouTube

  • Membuat Akun YouTube

Silahkan daftar email ke google (gmail). Jika anda sudah memiliki email, anda bisa login ke akun Google anda (gmail), setelah itu bukalah situs www.youtube.com. Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri.

Nanti akan muncul sebuah pilihan, apakah Anda akan menggunakan nama asli anda (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama samaran sebagai nama Channel di Youtube. Anda juga bisa gunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama sebuah domain website Anda atau nama khusus lain. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti anda akan diarahkan ke halaman baru.

  •  Upload Video Secara Rutin

Rajinlah meng-upload sebuah video, anda perlu terus update konten video. Youtube sendiri menginginkan kerja sama untuk jangka yang lebih panjang dengan para mitranya dan Youtube sangat menghargai mereka yang mau secara teratur mengupload sebuah video baru.

  • Pastikan Video Anda Tidak Melanggar Hak Cipta

Untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube, konten video yang anda upload haruslah original. Konten video YouTube ini harus milik Anda sendiri atau video yang isinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, gambar, logo) sampai dengan backsoundnya.

Semakin banyak video yang sudah di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Ingat, jangan pernah sekalipun mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain tanpa izin pemiliknya, ke dalam Channel Youtube anda karena hal seperti itu bisa membuat akun anda bermasalah di kemudian hari. Tentu anda tidak ingin kalau akun anda dibanned bukan?

  •  Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah: Seringlah mengupload video yang isinya bermanfaat, unik, menarik dan berkualitas baik. Sebaiknya video yang anda upload memiliki resolusi yang cukup baik dan tampilannya jelas tidak pecah-pecah.

Fokuslah upload sebuah konten video yang sesuai dengan niche atau minat anda. Misalnya konsisten membuat video tutorial. Jika anda konsisten maka subscriber anda akan bertambah banyak. Dengan begitu channel anda bisa akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.

  • Perbanyak dan Kembangkan Audiens Video Anda 

Perbanyaklah penonton dan subscriber Channel anda. Ajak viewer anda untuk mau menonton Channel YouTube anda tanpa bosan. Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial yang lain, seperti facebook atau twitter,dll.

Jika konten video anda benar-benar cukup bagus, maka viewer dan subscriber tidak akan malas kalau mau men-share video anda diakun media sosial mereka, dan malah mungkin akan ijin minta restu untuk di share. 

  • Mendaftar Ke Google Adsense

Inilah bagian yang paling penting dari YouTube yaitu Google Adsense. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views di atas 4000jam tayang dan channel yang mempunyai 1000k subscriber maka akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi jika kita belum mendapatkan undangan tersebut, anda bisa mendaftarkan akun anda ke Google Adsense.

Bila sebelumnya Anda telah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu sibuk mendaftar lagi. Hubungkan akun Google Adsense anda ke akun Youtube anda, tentunya email yang digunakan tetap harus sama. Setelah akun Adsense anda terhubung dengan akun Youtube anda, maka anda tinggal menunggu penghasilan yang masuk dari video-video yang anda upload.

Disini akan saya cantumkan alur mendapatkan surat pin dari adsense. 1. Kumpulkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir, terhitung saat pertama anda menguplod video, bagi yang sudah paham seo, ini adalah penyemangat bagi mereka yang serius ingin menjadi seorang konten kreator di youtube. 2.Daftarkan monetize sesuai yang diinginkan oleh youtube (biasanya akan disuruh daftar adsense dahulu baru akan dimonetize ), tunggu pemberitahuan email untuk monetize, pihak youtube akan mengirimkan email pemberitahuan ketika channel youtube anda sudah mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, untuk lama waktun lamanya peninjauan sebuat channel youtube untuk di monetize itu bervariasi tergantung manfaat sebuah channel tersebut bagi pengguna internet. 3. Seandainya anda sudah di terima sebagai konten kreator youtube, kumpulkan pendapatan hingga $10, di channel youtube and, Tunggu sampai saldo $10 tadi masuk ke akun adsense anda biasanya saldo di youtube akan masuk ke akun adsense pada tanggal 11-15 an setiap bulannya. 4. kalau saldo di adsense sudah mencapai $10 masuk diadsense, selanjutnya verifikasikan rekening bank, kalau anda tidak mempunyai ebanking atau m-banking cek dahulu saldo awalmu, karna nanti jumlah nominal yang di transfer google itulah kode verifikasimu, setelah cek saldo baru lakukan verifikasi rek. 5. verifikasikan identitas (langkah verifikasi identitas dan nomor rekening, boleh di balik terserah yang mana dulu), isi data diri Nama anda sesuai KTP bukan nama akun channel anda, banyak kasus verifikasi identitas gagal karna mengisi nama channel, kalau verifikasi identitas sudah berhasil nanti akan ada notifikasi pemberitahuan di email, dan akan muncul kotak permintaan PIN.

Disitulah PIN sudah dikirim, anda tinggal tunggu saja selama dua minggu, pin akan di kirim lewat kantor pos, kalau seandainya dalam dua minggu pin belum datang anda bisa mengecek pin anda di kantor pos terdekat di tempat tinggal anda, anda dapat minta 3 kali kode verifikasi pin, kalau 3 kali gagal ya bersabarlah. 6. Selanjutnya masukkan kode Pin kedalam Kotak verifikasinya, dan uang yang berada di akun adsesnse anda akan di kirim lewat nomor rekening yang sudah di verifikasi tadi.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara mendapatkan uang dari YouTube"