Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara riset keyword pencarian tinggi

Keyword atau kata kunci adalah frase kata dimana seseorang menggunakannya untuk mendapatkan informasi tentang suatu topik secara online. Orang dapat memasukkan kata kunci ke dalam search engine atau mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo!.

cara riset keyword pencarian tinggi

Mengapa Membangun Strategi Keyword?

Sekarang Semakin banyak konsumen menemukan bisnis online melalui pencarian kata kunci. Anda dapat mengambil keuntungan dari kebiasaan konsumen ini dengan mengoptimalkan website dan profil media sosial di sekitar keyword yang relevan, bahwa konsumen menggunakannya untuk menemukan bisnis anda secara online.

“Ini akan meningkatkan kesempatan bisnis anda ditemukan oleh orang yang mencari dengan keyword, dan akan mendorong lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs anda.”

Meskipun akan agak sulit untuk tahu persis keyword apa yang paling relevan digunakan penguna internet untuk menemukan bisnis anda, ada cara untuk riset keyword pencarian tinggi dan daya saing keyword tertentu dengan fitur tool Google Keyword Planner. 

Fitur ini juga dapat menguji dan menganalisis seberapa efektif keyword yang mengarahkan pengunjung ke situs anda dengan Google Analytic.

Sebagai seorang profesional bisnis, anda harus memastikan orang yang tepat bisa menemukan bisnis online anda. Pada bagian ini, anda akan menentukan keyword yang akan memaksimalkan potensi untuk menarik lalu lintas yang relevan di mesin pencari.

Penelitian keyword adalah proses berkelanjutan yang harus diikuti alurnya. Ini dapat memberikan pemahaman yang berharga tentang tren industri dan permintaan produk di pasar. 

Penelitian kata kunci komprehensif dapat membantu lalu lintas organik tumbuh sebelum anda mulai beranjak untuk kampanye produk anda di iklan bayar per-klik (PPC) seperti Google AdWords.

Bagaimana caranya menentukan keyword 

Buat daftar 3-5 keyword dengan berpikir seperti ketika anda mencari produk secara online melalui mesin pencari. Untuk usaha kecil dan menengah, keyword bukanlah nama merek. Sebaliknya, memikirkan kata frase yang sampai ke inti dari apa produk atau layanan yang anda tawarkan.

Pilih keyword berdasarkan pada relevansi dan tingkat kompetisi rendah, lebih spesifik yang masih berhubungan dengan bisnis anda, ini sering disebut sebagai long tail keyword. Perlu diingat semakin besar volume pencarian, keyword akan semakin kompetitif.

Faktor penting untuk memilih keyword adalah relevansi untuk bisnis anda. Sementara ada beberapa keyword lain mungkin mudah untuk peringkat tetapi tidak relevan dengan bisnis anda. 

Perhatikan bahwa keyword tersebut tidak harus sempurna pada awalnya. Anda dapat mencoba yang berbeda untuk melihat mana keyword yang paling cocok.

OPTIMALKAN WEBSITE AGAR BISA DITEMUKAN ORANG 

Setelah memilih keyword, anda harus meningkatkan peluang website untuk mendapatkan peringkat di internet dengan optimasi mesin pencari (SEO). Dalam rangka untuk ditemukan melalui mesin pencari, anda harus berusaha untuk berada di halaman pertama untuk keyword yang anda targetkan. 

Elemen SEO yang Harus Anda Ketahui

SEO dibagi menjadi dua kategori: Pertama, On-Page SEO yang mengacu pada seberapa baik konten website anda disajikan ke mesin pencari, hal ini sering dapat segera ditingkatkan. 

Kedua, Off-Page SEO mengacu keseluruhan "otoritas" situs anda di web, yang ditentukan oleh link balik situs-situs lain ke situs anda. Ini dapat mengambil waktu untuk memperbaiki, ada baiknya mengatasi lebih awal karena dapat  ditingkatkan dengan cepat. 

Untuk bisa menguji SEO dengan mengetahui seberapa baik pengoptimalan website, anda bisa menggunakan tool Google Analytic

  • Judul halaman 

Judul Halaman Merupakan salah satu faktor On-Page SEO yang paling penting. Teks yang anda  lihat di bagian atas jendela browser ketika melihat halaman web. Ini juga judul halaman yang disajikan di mesin pencari. 

Judul halaman dapat ditemukan dan diedit di situs Html, teks yang dikelilingi dengan <Title> tag adalah judul halaman, untuk judul halaman yang efektif. 

Sertakan keyword dengan membuatnya maksimal 60 karakter. Judul halaman tidak akan terlihat di browser web atau di hasil pencarian Google jika anda membuatnya terlalu panjang. 

Sertakan nama perusahaan anda di akhir judul, kecuali jika merek besar dan orang mencari melalui nama merek anda. Menggunakan judul halaman yang berbeda untuk setiap halaman. Setiap halaman adalah kesempatan untuk  rangking dengan menargetkan keyword. 

Meta data tidak langsung mempengaruhi peringkat mesin pencari. Namun itu adalah praktik yang baik untuk memasukkan keyword dalam deskripsi meta. 

Meta data adalah teks dilihat sebagai deskripsi situs di google search. Kata-kata yang menarik perhatian pencari dan menunjukkan hasil pencarian sangat relevan untuk pencari. Untuk alasan ini, termasuk keyword dalam meta  description anda dapat menarik pengunjung. 

Meta deskripsi tidak terlihat pada halaman web anda, biasanya disertakan di bagian atas kode tag <meta description> tidak digunakan oleh search engine untuk tujuan SEO hanya digunakan untuk menyediakan pencari dengan deskripsi singkat dari halaman tepatnya 150 karakter. 

Bahkan, jika deskripsi meta tidak ada dalam sumber kode, maka search engine biasanya akan menampilkan bagian dari isi halaman yang memiliki keyword relevan.

  • heading.

Jika sepotong teks tampak lebih besar atau lebih menonjol daripada teks lain pada halaman, itu mungkin bagian dari judul. Anda dapat memverifikasi ini  dengan memeriksa kode Html dan mencari teks dengan <h1>, <h2> atau <h3>. 

Teks dalam judul lebih mungkin dibaca oleh search engine, untuk alasan ini sebaiknya memasukkan keyword didalamnya. Tag <h1> memberikan teks lebih berat daripada tag <h2>, dan tag <h2> lebih berat daripada tag <h3>.  

Sementara tag <h4> dan <h5> untuk pengaruh pada keyword hampir sama dengan teks body biasa. Jadi sangat disarankan menggunakan tag <h1> hanya sekali dan menaruh beberapa tag <h2> atau <h3> sebagai judul paragraf.

MEMPROMOSIKAN KONTEN WEBSITE ATAU VIDEO DI MEDIA SOSIAL 

Media sosial menghasilkan banyak buzz di kalangan marketer dan pemilik bisnis. Memanfaatkan jejaring sosial untuk mendistribusikan konten bisnis sebagai komunitas pendukung bagi pertumbuhan bisnis yang signifikan. 

Platform media sosial menyediakan sarana komunikasi langsung dengan prospek pelanggan. Sehingga bisa menjadi pendorong utama distribusi konten dan visibilitas merek online. 

Hanya perlu ingat bahwa sebelum melompat ke situs jejaring sosial untuk bisnis, anda harus memiliki analisis pemasaran untuk mengukur kesuksesan usaha, siapa saja para pengikut atau penggemar anda. 

Menggunakan Facebook untuk Bisnis Dengan lebih dari 74 juta pengguna aktif di Indonesia pada 2015 (versi  Facebook Ads). Dari perspektif pemasaran, Facebook berfungsi sebagai  platform yang kuat untuk membangun komunitas pendukung bisnis. 

Memanfaatkan Facebook untuk bisnis adalah membangun sebuah halaman penggemar atau Fan Page. Pemasaran media sosial menjadi aset penting bagi perusahaan untuk dapat ditemukan dan terlibat oleh pembeli potensial secara online. 

Facebook adalah alat untuk menghubungkan dengan orang-orang di sekitar, sehingga marketer memiliki kesempatan untuk memperluas jejak online dan terlibat dengan  pelanggan secara langsung.

Dalam upaya menggunakan Facebook untuk bisnis dan mendorong hasil bisnis yang nyata, setidaknya anda menentukan beberapa tujuan: 

  • Dapat ditemukan oleh orang-orang yang mencari produk atau jasa anda
  • Terhubung dan terlibat dengan pelanggan dan potensi saat ini
  • Buat komunitas di sekitar bisnis anda dengan membangun dan memperbanyak penggemar
  • Mempromosikan konten yang anda buat, termasuk video, artikel atau sumber daya lainnya. 

Anda juga dapat membuat Fan Page mirip dengan profil Facebook anda kecuali secara default pengguna dapat menjadi penggemar dengan mengklik tombol “Like”. Membuat Page adalah gratis tetapi anda perlu memeliharanya. Berikut ini cara mempromosikan di halaman facebook :

Mulai Mempromosikan Halaman

Setelah membangun Halaman, anda perlu mendapatkan fans. Berikut adalah beberapa ide untuk anda mulai. 

Membuat halaman menarik 

Gunakan aplikasi tab seperti kupon diskon atau YouTube video untuk menambahkan konten yang lebih menarik. Berikan alasan kepada penguinjung kenapa mereka layak menjadi penggemar Halaman dan terlibat dengan anda. 

Memanfaatkan Viral Facebook Newsfeed

Manfaat dari halaman adalah semua penggemar akan terlibat dengan halaman anda. Setiap posting yang diterbitkan akan terlihat pada news feed mereka,  sehingga memberikan visibilitas bisnis lebih banyak. Jadi sangat disarankan  

menerbitkan posting yang paling menarik karena kemungkinan besar akan mendapatkan share ualang dari penggemar kepada teman-teman mereka.

Membuat halaman dapat di cari di publik 

Secara default, Fan Page bersifat publik sehingga bisa diindeks oleh search engine dan memberikan kesempatan untuk mengarahkan lalu lintas organik.  

Jika tidak melihat halaman anda muncul dalam pencarian, pastikan anda telah mengatur untuk menjadi diindeks publik dan dicari. Pergi ke Edit Page kemudian mengatur untuk ditampilkan publik. 

Platform media sosial yang juga bisa anda gunakan untuk pemasaran seperti Twitter, Instagram, juga sangat potensial dan akan membantu  memperbanyak audien untuk bisnis anda.

MENGOPTIMALKAN PEMASARAN MOBILE 

Sudah jelas bahwa platform mobile menjadi pertimbangan lebih ketika datang ke internet marketing. Anda perlu mempertimbangkan pentingnya menciptakan konten berkualitas yang dapat dengan mudah dikonsumsi pada  semua device, desktop, smartphone dan tablet. 

Topik pemasaran mobile sedang terombang-ambing di kalangan pemasaran dengan banyak maksud dan makna yang berbeda. Sementara mobile marketing bisa berarti banyak hal, marketer yang ingin mengambil keuntungan  lebih harus mengoptimasi website untuk mobile. 

Mengatur Mobile Redirect

Anda dapat membuat versi yang sama sekali berbeda dari situs yang ditargetkan untuk pemirsa mobile dengan sistem redirect mobile.  

Kemungkinan besar, layanan hosting web anda mampu membangun fitur redirect browser ke situs anda. Atau jika merasa kesulitan, anda bisa  memanfaatkan outsoursing dengan mengshare orang. 

Melalui fitur ini, baris kode ditempatkan pada homepage situs anda untuk menentukan ukuran layar browser pengunjung berdasarkan ukuran masing- masing layar, pengunjung akan diarahkan ke situs versi mobile. 

Menggunakan CSS Mobile

Selain pilihan redirect, anda dapat menggunakan CSS mobile untuk membuat situs web anda mobile-friendly. CSS pada dasarnya memungkinkan untuk  mengubah situs web anda terorganisir dan ditampilkan hanya pada perangkat.

mobile. Untuk memudahkan pengaturan tanpa coding, anda bisa membeli Theme Responsive jika menggunakan platform WordPress. 

Sebelum anda melanjutkan dengan salah satu dari pilihan ini, anda harus menyingkirkan beberapa informasi yang kurang penting yang ada di website sebenarnya dan menyesuaikan ke arah audien mobile. Pengunjung mobile biasanya mencari informasi ketika mereka mengunjungi situs anda, sehingga mengurangi informasi pada halaman web untuk menyediakan mereka hanya informasi yang berguna. 

Misalnya, membuat informasi kontak terlihat jelas dan mengatur navigasi. Sekarang bahwa anda telah mengetahui strategi pemasaran internet yang paling esensial. Tujuan utama langkah berikutnya adalah menemukan cara  terbaik untuk menggunakan semua teknik yang sudah dibahas untuk  mendapatkan pelanggan baru dan menghasilkan income online.

MENGANALISIS & MEMPERBAIKI STRATEGI KEYWORD

Pada bagian ini adalah tinjauan beberapa metrik dan saran untuk memperbaiki strategi pemasaran Internet anda. Dalam rangka untuk melacak kinerja usaha, setidaknya memiliki program analisis. 

Analisis pemasaran mengungkapkan data pada yang diperoleh dari berbagai saluran dan kampanye. Google Analytics adalah tool yang dirancang untuk membantu marketer online menganalisis lalu lintas situs web. 

Ketika meninjau kegiatan pemasaran, setidaknya mencari tahu apa yang ingin ditingkatkan, seperti ingin mengkonversi lebih banyak pengunjung website. 

Menganalisis bagaimana program dilakukan, membuat perubahan dengan maksud mencapai tujuan pemasaran, seperti memperbaiki apa yang tidak bekerja dan memaksimalkan apa yang bekerja. Sehingga memiliki efek jangka  panjang yang bagus untuk bisnis online anda.

Perbaikan Membantu Mencapai Tujuan Lebih Luas Keyword Mencoba kata kunci baru atau variasi kata kunci untuk melihat apakah bekerja  untuk website anda ditemukan banyak orang. Setiap halaman situs dapat dimasukkan keyword yang berbeda. 

On-off Page SEO

Melihat apakah perubahan faktor pada halaman membantu meningkatkan kunjungan. Contoh faktor judul halaman dan meta deskripsi. Sebagai tes sederhana, anda bisa mencoba mengubah judul salah satu halaman untuk  melihat apakah menghasilkan lebih banyak lalu lintas. 

Konversi

Mencoba hal baru dengan bentuk konversi atau halaman arahan. Misalnya membuat perubahan tata letak, menampilkan gambar berbeda sampai dengan  desain website. 

Strategi Konten

Menentukan konten yang paling banyak membawa lalu lintas. Ini bisa menjadi kesempatan lebih baik untuk fokus pada jenis konten atau memperbaiki promosi anda pada konten lainnya. 

Social Media

Mengevaluasi saluran media sosial yang paling menghasilkan kunjungan situs dan audien. Anda dapat sukses hanya fokus pada platform media sosial, hal ini sudah banyak terbukti di kalangan marketer online.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "cara riset keyword pencarian tinggi"