Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pertanyaan yang diajukan pengguna email marketing

Email marketing adalah salah satu bentuk usaha untuk bisa menghasilkan peningkatan jumlah traffic atau penjualan produk dan jasa yang anda tawarkan kepada pengguna internet, atau anda memenuhi kebutuhan pasar yang serba instan.

Akan tetapi semua itu sangatlah penting untuk mempelajari setiap cara agar bisa membangun sebuah kekuatan potensial lewat email marketing.

Banyak seorang pemula di dunia digital bertanya bagaimana cara untuk bisa membuat email marketing yang dapat menjamin setiap penjualan produk semakin meningkat.

Pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna email marketing

Disini saya merangkum sedikit pertanyaan yang sering diajukan bagi pemula bisnis yang ingin meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran email marketing:

Bagaimana membangun daftar kontak untuk memulai program email marketing?

Mulailah dengan salah satu daftar kontak bisnis anda. Bisa juga menambahkan melalui jumlah daftar kontak melalui menu pada website anda untuk Join Member atau Sign Up Free Newsletter. Tawarkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai bagi pengunjung website anda.

Konten yang bermanfaat, hal seperti apa yang bisa diberikan di email marketing?

Anda bisa memberikan apa saja, bisa berupa artikel, tips, diskon spesial, sebuah voucher, video training, tutorial, ebook, katalog, studi kasus apapun yang dapat anda kirimkan ke pelanggan atau calon customer anda, tentang sebuah produk dan jasa yang berkaitan dengan bisnis anda.

Apakah saya juga perlu menggunakan jasa autoresponder?

Jika anda memiliki bisnis online maka jawabannya ya, saya sarankan anda harus menggunakan jasa autoresponder.

Membangun list daftar dalam email marketing adalah salah satu cara cepat dan efisien untuk dapat memberikan produk terbaru dan infromasi anda kepada calon customer dan pelanggan anda.

Bagaimana cara mendapatkan hasil yang makismal dari autoresponder?

Untuk dapat menggunakan autoresponder anda perlu membangun list opt-in. Ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan informasi yang sangat berharga dan bermanfaat secara gratis.

Tetapi anda akan memerlukan alamat email pengunjung anda untuk memberikan informasi tersebut (misal menggunakan squeeze page).

Cara lain untuk membangun daftar list email pengunjung anda adalah dengan mengumpulkan ketika pengunjung anda melakukan pembelian di website anda.

Bagaimana jika saya memiliki jumlah database Contact List yang puluhan ribu?

Semakin banyak jumlah daftar email akan semakin baik, anda bisa mengimpor sebagian atau seluruh data ke aplikasi email marketing.

Data email yang sama akan otomatis tersaring dan data yang tidak valid akan otomatis terhapus. Saya sarankan, anda Lebih baik memiliki 5 ribu member yang valid dibanding 10 ribu yang tidak valid.

Kemudian alamat email yang mental tidak terkirim dan keluar dari member juga akan tercatat sehingga anda akan memiliki data yang update dan pengiriman email anda akan bekerja efektif.

Sebenarnya berapa jumlah Contact List yang ideal?

Untuk jumlah tidak ada batasan. Semakin banyak orang yang mengetahui dan merespon produk dan jasa anda tentu akan semakin baik.

Semakin besar jumlahnya maka akan semakin besar peluang keuntungan yang akan anda dapatkan, karena semakin banyak traffic potensial.

Apakah penerima email marketing perlu dibuat target segmen tertentu?

Jika anda sudah memiliki daftar Contact List yang sudah dipisahkan berdasarkan kategori, ini sangat bagus. Jika belum, anda dapat membuat Custom Field melalui fitur aplikasi email marketing untuk keperluan ini.

Apakah email marketing bisa bekerja otomatis?

Ya, email dapat terkirim secara otomatis mengikuti daftar Contact List yang anda masukkan di dalam database. Email juga bisa dikirim secara otomatis mengikuti jadwal agenda yang telah anda tentukan.

Apa saja fitur yang ada di dalam aplikasi email marketing?

Secara keseluruhan, menu yang ada didalam aplikasi email marketing terdiri dari menu untuk mengelola database atau contact list, membuat bahan email marketing (Text & HTML Editor), menu Custom Field dan menu laporan pengiriman email.

Apa bedanya Spam Email dan Email Marketing?

Tentu keduanya sama-sama memiliki kepentingan yang sama, tetapi caranya cukup berbeda:

Spam email: didapatkan atau di kirim tanpa izin dan tanpa sepengetahuan pemilik alamat email. Biasanya email tujuan didapatkan dengan membeli data, mencuri data, atau mengumpulkan secara otomatis

Email marketing: pemilik alamat email dengan sadar memberikan alamat emailnya untuk mendaftar menjadi anggota pelanggan

Isi email yang dikirim

Spam email: isi email nya seringkali tidak relevan, mengajak tidak ada tujuan yang ada di dalam produk dan jasa. 

Email marketing: personalisasi (biasanya disapa dahulu sesuai nama), isinya sesuai dengan yang ada di dalam produk dan jasa yang kita inginkan

Jika merasa terganggu dengan email yang dikirimkan?

Spam: email tidak bisa berhenti menerima email spam itu, karena tidak ada mekanisme untuk bisa menghentikannya. Kita hanya bisa menekan tombol masukkan ke dalam spam

Email marketing: bisa berhenti kapan pun dengan cara mengklik tombol berhenti berlangganan

Dasar hukum

Spam email: melanggar hukum diberbagai negara, karena tidak ada fungsi nya, dan mengganggu orang lain

Email Marketing: tidak melanggar hukum, karena isinya sebuah informasi iklan yang berbeda-beda.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "pertanyaan yang diajukan pengguna email marketing"