Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membuat blog yang bagus

Tips membuat blog yang bagus



Apakah Anda sering mendengar sebuah blog bisa menghasilkan duit? Kalau Ya, yang anda dengar benar kalau blog bisa menghasilkan duit. Apakah blog bisa menghasilkan duit, hal itu tidak segampang kedengarannya? Anda harus tahu cara mengelola blog dengan benar agar website yang anda kelola adalah sebuah website yang sehat dan bagus, sehingga Website tersebut bisa menghasilkan uang untuk anda. Disini saya akan membahas cara membuat website secara sehat dan bagus agar waktu anda untuk membuat website tidak sia-sia. Berikut kunci keberhasilan yang harus anda kuasai :

  1. Konten

Konten adalah hal yang utama. Ini adalah ungkapan yang paling sempurna di dunia internet marketing. Semua master blog mengandalkan konten bagus di blog mereka. Pada umumnya seorang pengguna internet mencari sebuah informasi di dunia digital untuk mendapatkan solusi yang mereka butuhkan. Jika blog anda bisa menyediakan informasi yang dicari dan dibutuhkan oleh pengguna internet tentu saja blog anda akan cepat berkembang dan tumbuh besar. 

Berikut ini adalah trik agar website yang anda kelola cepat tumbuh besar

  • Buatlah sebuah konten yang berkualitas, yang membuat orang lain ingin mengunjungi blog anda

  • Ubahlah hobi dan keahlian anda menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Carilah keyword dari topik yang anda ketahui, lakukan riset keyword, dan buatlah artikel yang terkait dengan keyword tersebut.

  • Backlink. Backlink merupakan link tautan dari blog orang lain yang mengarahkan link tersebut ke blog anda. Anda juga bisa tukaran link atau membuat konten yang baik yang bermanfaat sehingga blog orang lain merekomendasikan blog anda melalui backlink di blognya, atau juga bisa mengunjungi blog orang lain yang masih mempunyai konten yang berkaitan dengan blog anda dengan mengisi komentar dan menautkan link website anda.

  • Buatlah konten yang beragam sehingga blog anda kaya akan sebuah keyword.


  1. Traffic

Kunci berikutnya adalah banyaknya traffic  pengunjung. Blog yang sehat dan bagus adalah blog yang trafficnya tinggi. Traffic sendiri dibagi menjadi dua, yaitu :

- Traffic yang didapatkan secara Gratis, trafik ini umumnya berasal dari mesin pencarian yaitu (Google, yahoo, bing), sosial media, sosial bookmark dan sebuah  forum diskusi komunitas di internet.

- Traffic yang didapatkan secara Berbayar, Umumnya trafik ini didapatkan dari iklan yang anda pasang pada pihak pengiklan seperti iklan adword, facebook ads dll.

Pilihan ada pada anda untuk bisa mendapatkan traffic secara gratis atau berbayar. Kalau berbayar maka anda harus menyiapkan dana untuk pemasangan iklan Website anda. Andapun kalau anda ingin dapat memanfaatkan traffic gratis, caranya mudah inilah caranya:

  1. Daftarkan blog anda ke search engine atau mesin pencarian.

  2. Share konten anda ke sosial media, cara ini cukup efektif untuk meningkatkan pengunjung ke blog anda, karena saya juga melakukannya setiap sore.

  3. Optimasi artikel anda menjadi SEO One page.

  4. Bangun Backlink anda.

  5. Mencari Promosi gratis dengan cara memberi komentar pada blog orang lain, memanfaatkan layanan RSS, memanfaatkan feature signature pada portal forum website terkenal.


  1. Komunikasi yang baik

Membangun bisnis yang besar sama dengan membangun jaringan dan komunikasi karena itu hal yang utama. Blog anda harus cukup ramah dan mudah dipahami oleh pengunjung caranya dengan membangun komunikasi yang efektif dan berikan pelayanan yang cukup baik. Bangunlah komunikasi dengan pengunjung blog anda, segera balas komentar dan tanggapan yang diberikan pengunjung website anda terhadap postingan anda dengan demikian mereka akan merasa dihargai. Anda juga dapat memberikan pelayanan khusus bagi pengunjung setia, misalnya berikan e-book gratis, video tutorial gratis, give away, kupon diskon.


  1. Monetaisi

Kunci terakhir agar waktu anda tidak sia-sia dalam membuat website adalah Monetisasi blog anda. Inilah yang membuat waktu membuat blog anda tidak sia-sia, yaitu dengan menghasilkan duit. Monetaisi blog ada 2, yaitu :

  • Monetaisi Langsung adalah langkah yang dilakukan untuk memanfaatkan program monetisasi, yaitu lewat program pengiklan seperti Google Adsense, FB ads, propeller, mgid, Afiliasi atau menulis review terhadap program afiliasi.


  • Monetaisi Tidak Langsung biasanya dilakukan dengan memanfaatkan blog anda, sebagai sarana untuk menawarkan barang dan jasa yang anda tawarkan. Monetisasi ini bisa berupa jasa pembuatan sebuah website, jasa SEO, jual e-book Nuli artikel.

Ketika blog anda sudah siap dimonetisasi, saat itulah blog anda bisa mulai menghasilkan uang untuk anda, dan waktu yang lama untuk membangun sebuah website tidak sia-sia.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Tips membuat blog yang bagus"