Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Wordpress secara gratis

Wordpress pada saat ini telah menjadi sebuah platform blogging yang diketahui memiliki nilai yang lebih karena jauh lebih menarik dan unik.

Tampilan yang dimiliki membuat para blogger semakin penasaran akan keunggulan yang dapat diaplikasikan.

Sama seperti blogger.com, wordpress juga menyediakan sebuah Content Management System (CMS) yang dapat anda gunakan secara cuma-cuma, alias gratis yang harus anda unduh terlebih dahulu di situs wordpress.org. 

Alat yang digunakan untuk membuat wordpress

Beberapa fitur lain yang terdapat di dalam wordpress yang dapat anda kembangkan yang salah satunya adalah tema wordpress.

Tema yang anda dapatkan di wordpress nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti portofolio, toko online, company profile, dan blogging.

Untuk saat ini syarat mutlak yang wajib anda miliki adalah domain dan hosting milik pribadi sehingga anda dapat mendesain website sesuai keinginan.

Jika anda masih bingung tentang tema wordpress, untuk apa kegunaannya dan keuntungan yang kita dapatkan dari tema ini, sebenarnya tema wordpress adalah salah satu yang menjadi bagian depan website kita.

Sering disebut juga dengan istilah front-end yang nantinya akan muncul di website dan dapat dilihat oleh para pengunjung, yang secara tidak langsung kegiatan presentasi mengenai tujuan dari kegiatan website anda sudah terlaksana dan karakter dari pemilik website pun akan dimunculkan.

Kini keberadaan wordpress semakin banyak digunakan, yang dibuktikan dengan memiliki ribuan developer dari seluruh dunia yang dapat menghasilkan penghasilan yang besar atau hanya sebatas mengembangkan hobi dengan cara menjual tema atau plugin wordpress.

Perlengkapan Pendukung Untuk Membuat Wordpress

  • XAMPP, yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam pembuatan tema wordpress secara online. XAMPP juga akan kita gunakan untuk pembuatan local hos atau yang biasa dikenal sebagai server lokal.
  • Browser, fungsi aplikasi ini adalah untuk membuka halaman website yang dibutuhkan dengan cara menggunakan chrome, Mozilla Firefox, Opera mini, baidu, atau jenis browser yang lain, yang telah menjadi favorite anda.
  • Text Editor, yaitu aplikasi yang berfungsi yang bisa digunakan untuk koding, untuk text editor anda bisa menggunakan notepad++ \, netbean, sublime text, dsb.
  • CMS Wordpress, anda bisa mendapatkan CMS wordpress dengan mengunduh di website wordpress.org
  • Dummy Post Generator, agar anda dapat fokus dalam pembuatan theme wordpress anda dapat menggunakan dummny post generator yang menjadi plugin di wordpress, yang digunakan pada pembuatan category dan content yang terjadi secara otomatis. Anda bisa mendapatkan plugin dengan melakukan search di menu Plugins wordpress.
  • Regenerate Thumbnails, saat anda ingin menyesuaikan ukuran gambar yang baru anda upload, anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan jenis ukuran yang telah anda set di tema.

Langkah Membuat Wordpress Gratis

Setelah mengetahui perlengkapan yang dibutuhkan, anda dapat langsung mempraktikkan langkah pembuatan wordpress.

Dengan Mendaftar di wordpress.com dan ikuti langkah yang diminta dan sesuaikan dengan fasilitas yang disediakan di wordpress tersebut.

Setelah berhasil membuat website, langkah selanjutnya adalah anda harus mempelajari trik-trik SEO untuk membuat website anda bisa tampil di halaman pertama pencarian google.

Anda juga bisa memonetisasi Website anda, yang dapat menambah penghasilan dari situs tersebut untuk wordpress, dengan cara memasang iklan, jual produk, atau jual jasa.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Wordpress secara gratis"