Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat halaman landing page untuk jualan online

Dalam dunia internet marketing, landing page akan berperan sangat penting untuk memperlihatkan produk yang hendak dijual dan diedarkan ke pasaran.

Jika landing page dikelola dengan sangat baik, pengunjung bukan cuma betah menjelajahi website anda, tetapi juga akan membeli beberapa produk anda secara online di sana.

Salah satu platform cms yang sering digunakan internet marketer untuk membangun sebuah halaman landing page adalah WordPress.

Pasalnya, WordPress memberikan kemudahan dalam mengatur plugin atau widget hingga memasukkan konten-konten promosi.

Selain itu, mengembangkan landing page di platform Wordpress membawa keuntungan tersendiri seperti:

Manfaat halaman landing page untuk jualan online

  • Menghasilan lead potensial

Fitur dan layanan yang terdapat pada landing page WordPress membantu Anda sebagai seorang marketer untuk menargetkan hingga mengarahkan audiensi ke halaman yang sesuai kebutuhan mereka. 

Untuk menjaga dan meningkatkan antusiasme pengunjung yang Anda target, pastikan landing page yang Anda rancang memiliki desain yang menarik dan mudah diakses.

Beberapa marketer percaya landing page memberikan dampak yang lebih efektif dibandingkan halaman yang sesungguhnya yang ada di website .

Hasilnya akan lebih maksimal lagi, kalau didampingi dengan kemampuan copy writing yang bagus.

  • Langsung tertuju kepada produk

Tidak semua pengunjung tertarik membaca keseluruhan konten yang Anda publikasikan pada laman homepage atau blog. Akibatnya, pesan dari promosi yang Anda pasang tidak tersampaikan kepada pengunjung.

Hal tersebut mungkin tidak akan terjadi kalau Anda memanfaatkan landing page, karena pengunjung akan langsung diarahkan ke halaman produk yang bersangkutan. 

Di sisi lain, karena keterbatasan ruang penyimpanan , landing page harus digunakan seefektif mungkin.

Kemaslah produk Anda seakan-akan sangat dibutuhkan oleh audiensi, sehingga mereka mau membeli tanpa paksaan dari siapapun, mau membeli atas dasar butuh.

  • Langsung tertuju kepada produk

Sebagai marketer, Anda pastinya membutuhkan laporan pasti dalam waktu yang cepat. Dalam hal seperti ini, landing page menawarkan layanan tersebut.

Anda akan memperoleh laporan berupa statistik yang mencakup tingkat bouncing, klik, serta informasi seputar perilaku pengguna saat berada pada laman tersebut. 

Lalu setelah semua data terkumpul, Anda dapat memanfaatkannya untuk keperluan lain. Di antaranya strategi pemasaran selanjutnya ketika anda memiliki produk baru, bahan evaluasi, hingga pertimbangan untuk pembuatan produk baru.

Jadi, Anda dapat bergerak lebih cepat mengikuti pasar yang Anda target. 

  • Tarif iklan yang lebih murah

Landing page akan memungkinkan iklan yang Anda pasang memakai Google ads atau PPC muncul di peringkat teratas.

Mengapa demikian? Ketika Anda memasang iklan di google ads yang ditargetkan ke landing page, maka tingkat relevansinya ikut naik, sedangkan topiknya menyempit. 

Semakin tinggi relevansi iklan, maka skor kualitasnya pun akan semakin baik. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan tarif per klik yang lebih terjangkau.

Tentu saja hal ini akan menguntungkan bagi Anda, karena dana atau anggaran  pemasangan iklan akan berkurang dan dapat dipakai untuk kebutuhan yang lain.

Semoga alasan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mempromosikan produk menggunakan landing page di WordPress, untuk menghasilkan pencapaian yang di inginkan. 

Apakah Anda bingung dengan istilah-istilah di dunia internet marketing seperti Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page?

Terus bagaimana caranya untuk membedakan ketiga halaman tersebut? Baiklah beikut ini akan ada penjelasan sedikit, perbedaan ketiga istilah tersebut, biar anda tidak bingung lagi. 


Landing page, squeeze page dan sales page yang pada intinya adalah sama saja, hanya saja perbedaannya terletak pada tujuan pembuatannya. Landing page adalah tempat  pengunjung membaca penawaran dari produk yang anda tawarkan bisa pada homepage atau halaman lainnya. 


Sesuai dengan namanya, landing page adalah tempat dimana pengunjung pertama kali landing atau mendarat. Landing page harus yang sepersuasif mungkin, karena kita menginginkan pengunjung untuk masuk ke offer page. 


Landing page biasanya bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung website, biasanya pengunjung diarahkan untuk melakukan action atau tindakan berupa order, subscribe, isi survey dan lain sebagainya.


Squeeze page dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan prospek seperti data alamat email. Squeeze page adalah halaman yang mendorong pengunjung untuk mau memberikan alamat emailnya biasanya di dalamnya terdapat opt-in newsletter dengan cara mendaftar ke halaman website. 


Sales page dibuat dengan tujuan untuk memberikan penawaran produk atau jasa yang disertai form order. Biasanya dikenal dengan sales offer. Sales page biasa digunakan untuk pemesanan barang yang memerlukan data dari calon customer.


Sales page biasanya berada di akhir perjalanan pengunjung. Disinilah terjadi transaksi penjualan.


Landing Page dalam sebuah penawaran bisnis di Internet marketing adalah hal yang paling mutlak. Landing page akan memberikan anda kemudahan dalam menangkap data costumer seperti data nama dan alamat email. 

Untuk karena itu membuat sebuah Landing Page yang berkualitas, akan sangat menentukan keberhasilan anda dalam mempromosikan produk yang anda jual.

Sebesar apapun traffic website anda jika landing page anda tidak berkualitas maka anda akan kehilangan sebagian besar traffic dan konversi penjualan akan jauh dari keinginan anda. 

Keberhasilan sebuah Landing Page harus meliputi:

  • Mudah di Setting dan sangat nyaman ketika digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

  • Proven dalam menangkap informasi pengunjung dengan opt-in.

  • Mempunyai puluhan template yang berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

  • Dapat testing A/B untuk mendapatkan landing page dengan konversi tertinggi.

  • Countdown timer untuk memicu masalah pengunjung segera melakukan action.

  • Desain template disesuaikan dengan bisnis lokal.

Ini adalah beberapa hal yang harus ada didalam sebuah halaman landing page agar bisa mendapatkan costumer yang lebih banyak dan tentunya akan membuat bisnis anda semakin tumbuh besar.

Gunakan lah sebuah halaman landing page yang berbeda untuk setiap promosi. Jika ingin mendapat banyak pemasukan, buat halaman khusus untuk poduk-produk yang dipromosikan dan halaman tersebut tidak harus melalui homepage website anda.

 

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Manfaat halaman landing page untuk jualan online "