Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanfaatkan twitter untuk bisnis

Twitter adalah salah satu layanan microblogging yang dimiliki oleh Twitter Inc.

Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau atau lebih dikenal dengan tweet sepanjang maksimal 140 karakter dan dapat ditambah lagi dengan tweet selanjutnya.

Transfer Komunikasi di twitter sangat cepat tentang apa yang sedang tranding pada saat itu juga, karena ada fitur trending topic yang membuat pengguna twitter tahu kejadian apa yang lagi happening.

Cara Memanfaatkan twitter untuk bisnis

Saya sarankan anda berhati-hati jika menggunakan media sosial ini, katena cepat viral.

Beda di facebook yang hanya viral di grub tersebut, dan yang tahu hanya di grub tersebut, beda di twitter langsung ke follower jika ada hal trending jika di dm. 

Di twitter kita dapat menjumpai banyak komunitas. Salah satu kelebihan twitter untuk marketing adalah anda dapat memasarkan produk secara gratis.

Cara Memanfaatkan twitter untuk bisnis

Walaupun di twitter tidak terjadi komunikasi dua arah atau cuma sebagai tempat berbagi informasi, twitter tetap menjadi sarana yang efektif untuk marketing anda, asalkan anda tahu caranya.

Berikut ini adalah trik marketing di twitter :

  • Jadilah manusia inspirasi

Buatlah follower dekat dengan anda. Pengguna tidak ingin berkomunikasi dengan brand atau produk tertib, mereka hanya ingin bicara dengan sesama manusia.

Maka tempatkan posisi anda sebagai manusia, bukan sebagai produk.

Sekalipun nama akun profil yang anda gunakan mewakili produk, tetaplah bersikap manusiawi, tidak kaku, komunikatif, dan tetap berinteraksi dengan follower anda di Twitter. 

  • Kenali follower anda

Layaknya sebuah komunitas grup, twitter juga mempunyai “aturan main”. Sebelum mulai mengirim tweet, kenali dahulu siapa saja follower dan orang-orang  yang anda follow. Sebaiknya anda men-tweet sebuah konten yang sesuai dengan karakteristik mereka.

  • Membangun percakapan baik

Di Twitter anda dapat menjadi lebih interaktif dengan pelanggan dan calon pelanggan anda.

Buatlah sebuah percakapan yang menarik, sehingga anda tahu apa harapan mereka tentang produk anda.

Apa yang sedang trending, anda tidak hanya berpromosi terus-menerus, tetapi juga menerima masukan dari follower anda.

  • Promosikan seorang ambassador

Cari pengguna twitter yang aktif di komunitasnya dan memiliki follower yang banyak. Ajak dia menjadi brand ambassador pada produk anda. Ini akan sangat membantu marketing produk yang anda jual.

  • Tawarkan sesuatu

Berikan tawaran yang menarik. Selain menawarkan sebuah produk, anda dapat menawarkan hal lain berupa kuis berhadiah, jasa, info terkini, tips sehari-hari. 

  • Tweetkan website anda

Anda tidak mungkin men-tweet semua informasi tentang produk anda, tetapi bisa menggunakan member link ke website anda.

Dengan demikian follower anda akan tahu bahwa produk yang anda tawarkan memang kompeten, dengan memiliki website resmi, dan tidak main-main dalam bisnis seperti ini.

Tweetlah setiap kali anda mengupdate website. Sebaliknya, tampilkan pula timeline dan akun Twitter pada website anda, agar nampak interaktif.

  • Membaca percakapan

Rajinlah membaca percakapan customer anda di Twitter. Siapa tahu mereka sedang membahas tentang produk anda, dalam setiap hal. 

  • Manfaatkan Search Engine Options

Pencarian di search.twitter.com memungkinkan pengguna untuk mencari kata kunci yang bisa digunakan untuk menemukan seseorang atau produk tertentu.

Kolom Pencarian memungkinkan pengguna untuk membuat target tweet di suatu daerah tertentu tanpa harus keluar dari komunitasnya.

Hal ini dapat memungkinkan pebisnis lokal untuk menjangkau pengguna Twitter di daerah mereka. Masukkanlah kata kunci yang banyak dicari orang agar produk anda mudah digunakan. 

  • Tweet meningkatkan Search Engine Optimation (SEO)

Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang mudah diingat di tweet. Jika anda tidak menggunakan nama perusahaan atau nama asli, maka pastikan informasi itu ada di data pribadi profil Twitter anda.


Hal ini penting karena dapat membantu Google dalam membuat konten indeks yang sesuai dengan bisnis anda.


Kemudian, anda dapat menggunakan Google Alerts untuk memonitor nama dan perusahaan anda.


Sebuah informasi mengenai pendapat orang tentang perusahaan atau mungkin persaingan bisnis anda.


Sering membuat tweet tidak hanya membuat pengguna tetap aktif di newsfeeds, namun juga meningkatkan posisi anda di pencarian online.

  • Menjangkau pengguna ponsel 

Pengguna ponsel merupakan pasar yang bagus untuk bisnis anda. Twitter dapat memungkinkan anda untuk membuat tweet yang dikirim secara langsung ke teman anda di Twitter.

  • Ubah topic setiap kali tweet 

Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan traffic twitter anda. Sering merubah topik mampu menarik berbagai macam orang untuk melihat beranda twitter anda. 

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara Memanfaatkan twitter untuk bisnis "