Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memilih investasi yang menguntungkan

Kelas ekonomi menengah di Indonesia pada saat ini tumbuh pesat beberapa tahun terakhir. 

Itu berarti lebih Banyak seorang keluarga yang mempunyai banyak uang maupun tabungan. 

Dan salah-satu seorang jika mempunyai uang adalah bagaimana cara mengembangkan uang tersebut agar lebih bermanfaat. 


Maka, lumrah sekali jika seseorang mempunyai tabungan banyak di bank berbagai tawaran investasi yang mengaku bisa memberikan hasil atau bunga tinggi ada di mana-mana. 

Bahkan banyak di Internet yang menawarkan kesempatan investasi, Dan semua menjanjikan return tinggi.

investasi yang menguntungkan

Hingga kemudian kita dikagetkan oleh berita investasi yang ternyata bodong, pengelolanya kabur. 

Nah, saya bukan mau untuk menakut-nakutin anda untuk berinvestasi tapi ini sudah menjadi rahasia umum pelaku, praktisi investasi macam ini, bahwa yang terlihat, ketahuan, dan heboh di media sosial, itu cuma potongannya saja. 

Lebih banyak kasus investasi bodong yang tidak ketahuan, karena korbannya males melaporkan ke polisi, karena kemungkinan kecil uang juga tidak akan balik, tidak terlalu membantu banyak. 

Atau korban terlanjur malu di kalangan teman atau tetangga karena ketipu, atau sekadar mencoba begitu saja diantara hingar bingar bisnis misterius ini.

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa tips super penting jika kalian ingin belajar diri atau bermain-main dengan tawaran investasi, 

Apapun itu bentuknya, entah mengakui syariah atau tidak, investasi emas, jual-beli daging, jual beli sembako, koperasi, dan sejenisnya yang mewajibkan kalian menyetor uang, lantas dijanjikan return bunga sekian persen setiap bulan.

Ayo di simak tips investasi ini agar menjadi pakar ekonomi bagi diri sendiri, keluar, masyarakat, atau bahkan pakar ekonomi untuk negara dan dunia, mulailah dari diri sendiri :

  • Mengingat Angka 2% adalah angka penting.

Selalu ingat, jika adanya tawaran investasi yang menjanjikan bunga 2% setiap bulan atau selebihnya, maka berhati-hatilah (berarti 24% nilainya per tahun). 

Angka ini secara logika adalah batas masuk akal atau tidak masuk akal sebuah tawaran bisnis berinvestasi. 

Hei ingat ini, kalau memang orang-orang yang menawarkan investasi itu memang dapat menjamin 2% per bulan atau lebih, dan tetap konsisten selama bertahun-tahun dapat memberikan hasil keuntungan setinggi ini. 

maka orang-orang seperti ini sungguh dapat menyelamatkan krisis ekonomi dunia, saya tidak sedang bergurau, dengan konsep dua persen perbulan mereka ini dapat menyelamatkan krisis ekonomi jenis manapun. 

Oleh karena itu, apapun hitung-hitungan yang mereka berikan, semua ilustrasi rencana yang hebat itu, saya sarankan jika anda tertarik untuk berinvestasi, berhati-hatilah. 

Terlalu banyak hal di dunia ini yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu sulit menjadi kenyataan. 

  • Fisik investasi.

Dalam kasus transaksi jual beli saham, adanya fisik saham itu ada. Ini harus dapat dipahami oleh pelaku investasi. 

Memang benar saat transaksi di bursa efek, kita tidak dapat melihat sahamnya, hanya display di komputer, tapi regulasi, otoritas yang mengawasi membuat fisik saham itu memang benar adanya. 

Kertas saham itu disimpan oleh lembaga yang ditunjuk. Kalian bisa melihatnya kalau mau. 

Nah, jika dalam transaksi kertas saja, sahamnya pasti ada secara fisik, apalagi kalau investasi emas misalnya. 

Jangan mau melakukan transaksi jual beli emas kalau anda tidak membawa pulang emas yang anda beli ke rumah. 

Kalau yang menawarkan investasi itu berbursa bilang mereka bermain di bursa berjangka apa. 

Tanyakan di mana emas itu disimpan? Siapa yang mengawasi, lembaga apa yang mengawasi? Jika mereka audah menjawab. 

Cari identitas mereka di google, cek nama-nama perusahaan yang mereka sebutkan.

Penipu itu jago sekali mengarang cerita, tapi mereka tidak bisa menciptakan kelinci percobaan. 

Kecuali bagi orang-orang yang memang tidak mau peduli dan pasrah mudah sekali ditipu. 

Nah, dalam jenis investasi apapun, tanyakan, mana barangnya? Mana fisiknya? Kalaupun memang benar adanya, pastikan semua struktur organisasi dan barang yang dijelaskan masuk akal. 

Bukan cuma barang yang justru memaksa kita ikut membeli. Bukan tiap bulan ganti produk, ganti sistem. 

  • Klaim syariah.

Salah-satu trik investasi bodong selanjutnya adalah mengaku-ngaku syariah. Wah, memangnya kalau sudah dibilang syariah jadi benar? 

Nah, yang menjadi lebih rumit lagi, tidak banyak orang yang paham tentang transaksi syariah, jadilah penjelasan selintas. 

Lalu langsung diaminkan saja oleh calon investor, lupa kalau transaksi yang mereka hadapi mungkin akan lebih kejam dan lebih jahat dibandingkan transaksi konvensional. 

Maka, selalu belajar dan bertanya ke orang-orang yang paham transaksi syariah sebelum bergabung ke investasi tersebut. 

Baca-baca tentang jenis transaksi syariah, pelajari hakikat yang mereka jalankan. 

Misalnya: jual beli itu memang halal, dihalalkan oleh kitab suci, tapi lihat dulu jual beli tentang apa, barang nya apa, nanti dulu dilihat dulu enak saja kalau tetap halal.

  • Kapasitas investasi.

Ada seseorang yang membuka sebuah toko baru di jalan tertentu yang sangat strategis. Laris sekali hingga dikunjungi oleh banyak pengunjung. 

Pokoknya keren banget usaha yang dilakukan tersebut, itu karena dia baru berdiri sendiri di toko tersebut. 

Boleh jadi pemilik warung yang baru membuka uaaha tadi tanpa ada saingan untung besar.

Nah, dalam sistem ekonomi terbuka, dengan segera toko lain akan meniru kesuksesan warung tersebut. Juga muncul toko lain dengan konsep yang sama. 

Selalu begitu,yang pada akhirnya membuat keseimbangan ekonomi baru, keuntungan si pemilik toko baru yang keren tadi mulai berkurang. 

Selalu ada kapasitas dalam investasi. Tidak ada investasi yang berapapun uang yang kalian investasikan, tetap kami terima, tetap sama keuntungannya. 

Karena dunia ekonomi selalu berkembang lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan pasar, apalagi di era seeba digital seperti ini.

  • Ramai bukan berarti aman.

Nah, kalaupun seluruh orang yang kita kenal  ikut tawaran investasi tersebut, bukan berarti otomatis pasti aman. 

Ayolah, banyak orang yang tertipu oleh investasi seperti ini. Kalau mereka yang anda percaya ikutan berinvestasi, ada nama mereka di daftar investor, bukan berarti investasi itu amanlah, mereka saja tertipu. 

Kalau kantornya terlihat keren dan menyakinkan, bukan berarti aman. Selalu pastikan, dan anda pahami apa bisnisnya, apa tawaran investasinya, bukan karena melihat antrian, ramainya kantor tersebut, investasi itu aman.

Terakhir, jika kalian memang punya uang banyak, atau uang sisa dari kebutuhan sehari-hari maka saran saya, daripada sibuk terlibat dalam transaksi investasi, maka akan lebih baik jika memulai bisnis real sendiri, di kelola oleh keluarga anda.  

mulailah berbisnis nyata, berdagang, bikin salon, bikin toko, atau menjadi petani dengan menggunakan teknologi modern. Itu bahkan bisa 100% per tahun untung kalau jitu strateginya. 

Lantas bersiap untuk terus meningkatkan kreatifitas karena pesaing anda pasti segera meniru bisnis yang anda jalankan, dan keseimbangan ekonomi akan kembali terbentuk, memilih Investasi menguntungkan itu tergantung anda yang memilih semoga anda mendapatkan investasi yang diinginkan. 

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara memilih investasi yang menguntungkan"