Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Software dan alat untuk membuat video

Ketika Anda punya ide untuk membuat sebuah video? Ada harus bisa menemukan banyak ide kreatif untuk menjadikan video anda menjadi menarik. 

Bahkan dari hal-hal yang sederhana bisa jadi hal yang menarik banyak peminatnya untuk di tonton. 

Misalnya anda membuat video tentang keahlian anda dibidang tertentu, ulasan tentang produk terbaru, berbagi pengalaman anda selama traveling ke tempat wisata, dll. 

Bahkan tingkah laku hewan peliharaan pun bisa jadi video yang lucu. Sekarang apa saja alat yang dibutuhkan untuk membuat video? Anda bisa gunakan peralatan berikut ini :

ALAT DAN SOFTWARE UNTUK   MEMBUAT VIDEO

  • Gunakan Smartphone

Saat ini sangat mudah mendapatkan smartphone yang dapat merekam dengan gambar yang dihasilkan jernih tidak pecah-pecah atau tidak buram. 

Smartphone mudah dibawa kemana sehingga proses untuk merekam sangat mudah dilakukan. 

Akan tetapi kualitas suara dan gambar rekaman yang dihasilkan tidak akan sebagus perangkat video khusus seperti perekam video. 

Ponsel pintar atau smartphone umumnya memiliki banyak ruang penyimpanan, namun berkas video yang dihasilkan ketika merekam bisa menyedot ruang tersebut dengan cepat.

 Ingatlah bahwa kamera yang ada di smartphone mungkin bukan pilihan yang bagus jika anda berencana merekam video yang panjang. 

Periksa juga apakah anda dapat menyambungkan perangkat seperti mikrofon yang dapat meningkatkan kualitas video. 

Tergantung jenis ponsel yang anda gunakan, perekam video mungkin memiliki aplikasi sendiri  atau tersedia pada aplikasi lain untuk menghasilkan kualitas video yang bagus.  

  • webcam

Pada Saat ini hampir semua komputer atau laptop hadir dengan sebuah webcam yang  terintegrasi dengan laptop (biasanya di bagian atas monitor). 

Atau juga dapat memasang webcam sendiri di pc. Anda bisa mendapakan webcam di online shop dengan harga yang cukup murah. 

Tapi ingat, ada harga ada kualitas yang didapatkan. Jangan hanya berpikir harga murahnya saja. 

Kebanyakan komputer hanya dapat memasukan dari webcam dengan perangkat lunak bawaan, namun jika anda perlu perangkat lunak. 

Pertimbangkan Video Booth, perangkat lunak gratis dan intuitif yang menerima banyak ulasan positif dari pengguna. 

  • handycam

Handycam memang dirancang untuk merekam video. Handycam atau Camcorder berfungsi untuk menangkap sebuah gambar bergerak, seperti layaknya orang yang sedang membuat film. 

Kualitas gambar yang dihasilkan sebuah video banyak dipengaruhi oleh kualitas lensa, resolusi video yang dipilih dan ruang simpan pada handycam. 

selain itu, hal terpenting dari ala perekam video adalah bahwa perekam tersebut memiliki cara yang mudah untuk dapat ditransfer video ke komputer anda, guna untuk proses edit. 

Setelah anda selesai merekam video selanjutnya anda akan mengedit video tersebut sebelum anda upload ke Youtube.

Berikut ini software editing video terbaik di PC :

  • Adobe Premier

Adobe Premier adalah salah satu software editor yang sangat professional dan mempunyai fitur lengkap serta detail sekali untuk mendapatkan sebuah video yang lebih berkualitas. Sotware ini berbayar. Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan pada software ini. 

  • Live Movie Maker

Software ini merupakan video editing yang paling populer banyak digunakan karena merupakan software bawaan dari Windows, walaupun memili fitur sedikit, software ini cukup untuk mengedit video yang lucu. 

  • Camtasia Studio

Dulu Software ini sangat populer dikalangan pembuat video tutorial dan pembuat CD interaktif, karena pengunaannya yang mudah. Dari dulu camtasia studio lebih unggul dalam recording screen.

  • Lightworks

Software ini adalah salah satu software yang tidak direkomendasikan untuk pemula dalam mengedit video, karena sulit untuk dipelajari. Tetapi, untuk hasil yang didapatkan tidak diragukan. Hasilnya tampilan lebih cantik dan kemampuan sebagai editor video handal menghasilkan video yang berkualitas. 

  • Sony Vegas Pro

Software ini juga sulit untuk dipelajari, Namun dalam hal fitur, Sony Vegas Pro juga dapat anda andalkan dalam menedit video. Software ini juga berbayar.

  • File Lab Video Editor

Software ini harus dijalankan secara online alias menggunakan koneksi internet. Digunakan untuk mengedit video seperti trim, cut, rotasi, mix, transisi, overlay, effects. 

Serta animasi software ini dapat meng-konversi file hasil video Anda yang telah diedit ke gadget. Software ini sangat mirip dengan Movie Maker versi online.

  • VideoLAN Movie Creator

Kelebihan VideoLAN Movie Creator adalah sangat simpel dan mudah untuk dipahami oleh pemula. Anda dapat menciptakan sebuah slideshow animasi sederhana dengan menggunakan software ini.

  • Movie Storm

MovieStorm menyediakan fitur efek animasi yang sangat mengagumkan. Software ini merupakan perangkat lunak 3D yang dapat membuat berbagai macam film. Anda dapat menciptakan film kartun, kriminal, hewan, tumbuhan, horror, olahraga. 

  • VideoSpin

VideoSpin dapat membuat slideshow menjadi lebih mudah, juga sangat mudah digunakan videospin dapat dijadikan alternatif dari Movie Maker di pc anda karena kemampuan san fitur di software videospin tidak jauh berbeda. Tampilan dari VideoSpin juga lebih cantik.

  • Ezvid

Video maker dan editor untuk diunggah di YouTube, software ini dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah slide show video dari gambar berformat .JPG, PNG, BMP, .GIF, dan masih banyak lagi jenis foto yang lainnya. Juga terdapat fitur lain yaitu merekam sebuah video.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Software dan alat untuk membuat video"