Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bendungan waduk lawang songo

Salah satu bendungan sungai yang memiliki banyak pintu, katanya dulu dibangun ketika jaman Belanda, dan sampai sekarang masih ada. 
Hanya saja berita terakhir yang saya dengar dari 9 pintu, hanya tinggal 1 pintu saja yang masih bisa dibuka dan ditutup, yang lainnya? Tentu saja tidak bisa.

Mungkin perlu dikembangkan sebagai tempat wisata dengan cara dibangun jalan lebih besar, diberikan informasi tentang bendungan, dibuat toko atau tempat makan disekitar bendungan. 

Waduk Lawang Songo ( pintu sembilan ) dibangun oleh Hindia Belanda tahun 1908 ~ 1916 dan resmi digunakan tahun 1918 Fungsi waduk untuk cadangan irigasi dan bahan baku air bersih dan bahan baku PAM. 

Waduk ini juga Bisa menjadi objek wisata sejarah budi daya ikan tawar atau lainnya tergantung pengelola waduknya Tinggal dilengkapi saja fasilitas penunjang wisata dan ada petugas khusus. 
Waduk ini juga bisa menjadi Akses jalan alternatif tercepat menuju demak. anda Biasa lewat sini pas siang, lalu nyempetin mampir mampir es degan di warung sebelah waduk.

Sebuah bangunan bersejarah peninggalan jaman kolonial belanda. Berupa bendungan atau pintu air yang berguna untuk memecah arus sungai wulan yang alirannya berhulu di bendungan waduk kedung ombo.

Dinamakan waduk lawang songo karena waduk ini mempunyai pintu air sebanyak sembilan (songo) buah, yang menghadap ke arah timur, dimana arah aliran sungainya menuju ke laut juwana. 

Selain itu waduk ini juga mempunyai pintu air sebanyak dua buah yang menghadap ke arah utara. Dimana arah aliran sungainya menuju ke arah welahan. 
Lawang songo, mungkin tak setenar lawang sewu. Akan tetapi tempat ini memiliki kharisma sendiri, layaknya benteng yg berdiri kokoh. 

Arsitektur khas belanda dan bentang alam sungainya menambah syahdu dan birunya lokasi ini.

Lebih cocok sore hari dengan guratan senja, dan pastinya momen sunset disini akan lebih berkesan menakjubkan. 

Bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih kokoh berdiri dan berfungsi sampai saat ini.

Di musim kemarau seperti sekarang ketika debit air sungai Juwana atau sungai apa itu namanya sedikit. nampak bangunan ini hanya seperti bangunan tua yang tiada guna. tapi nanti ketika tiba musim hujan. 

Ketika air sungai meluap-luap.maka kita akan saksikan paduan dari kuasa tuhan dan akal manusia yang menyatu pada waduk ini.

Pemandangan yang sungguh menakjubkan. melihat air sungai yang sejajar dengan tanah seakan hendak tumpah meluap. Dan pengaturan debitnya dengan kekuatan bendungan ini. tengoklah nanti di musim hujan. dan rasakan hal yang luar biasa.
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Bendungan waduk lawang songo "