Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara mencari domain yang tepat

Membuat nama domain bagi saya mudah-mudah gampang Buatlah nama domain sesingkat mungkin. Semakin singkat, semakin mudah namanya diingat bahkan diketik. Bahkan nama yang singkat terdengar sangat catchy.
Cara-mencari-domain-yang-baik
Buat nama dengan ekstensi domain .com, jika tersedia, karena yang paling populer di indonesa adalah .com, Cara mendaftarkan domain akan saya bahas nanti. 

Untuk saat ini, carilah nama domain yang memiliki potensi  banyak pembaca atau visitor yang akan mengkliknya jika muncul di mesin pencarian. Kalau bisa, cek ketersediaan ekstensi .com.

Buatlah nama domain yang bisa merepresentasikan konten website Anda Sebaiknya buatlah nama yang mengambarkan konten website Anda secara keseluruhan. 

Nama tersebut haruslah spesifik mungkin. Sebagai contoh, nama “Traveling santai” lebih jelas maksud dan tujuannya dan fokusnya daripada “Blog Perjalanan kia krikil” (nama seperti ini bisa dipakai kalau Anda adalah figur terkenal!).

Tulislah beberapa nama yang Anda anggap terbaik dan mampu mewakili isi blog. Setelah itu, cek apakah ekstensi .com masih tersedia untuk nama-nama tersebut masih ada atau sudah dipakai oleh user lain. 

Untuk mengeceknya, Anda bisa memanfaatkan opsi Top-Level Domain (TLD) lainnya. Hanya saja, sebagian besar orang lebih suka dan percaya dengan situs berdomain .com, jadi untuk amannya, silakan gunakan ekstensi ini.  

Setelah memutuskan nama website yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan domain. 

Sebagian besar platform hosting (termasuk Hostinger atau hosterniaga) akan memudahkan Anda dalam proses ini:

Cara membuat blog travel - register domain terlebih dulu dan Masukkan atau ketikkan nama domain yang ingin Anda beli dan daftarkan. Tool cari domain akan mengecek ketersediaan namanya.

Cara-mencari-domain-yang-baik

Berdasarkan gambar di atas ini, Anda bisa lihat kalau domain travelinghemat.com telah terpakai. Oleh karena itu, Anda harus memcari nama domain yang baru. 

Namun, karena nanti Anda hendak membuat website bertema traveling, maka tetaplah menggunakan nama tersebut dengan ekstensi yang berbeda. seperti .site atau .co atau .net .atau .org 

Dari namanya saja, orang-orang pasti sudah memikirkan tentang perjalanan, liburan, atau tempat-tempat eksotis lainnya.

Cara-mencari-domain-yang-baik

Jika daftar domain yang sudah ada di daftar penjualan anda tinggal memilihnya, Langkah berikutnya adalah menambahkan domain yang Anda inginkan ke keranjang penjualan. 

Lanjutkanlah dengan proses pembayaran. Biasanya, nama domain dengan ekstensi .com mengenakan biaya sebesar kira-kira Rp. 119ribuan. Setelah melakukan pembelian, maka domain sepenuhnya menjadi milik Anda. 

Anda memiliki domain ini selama satu tahun jika Anda tetap ingin memiliki nama tersebut anda harus memperpanjangnya lagi. 

Sebagian besar penyedia hosting dan domain selalu memberi tahu Anda beberapa hari sebelum masa perpanjangan domain dimulai. untuk memperpanjang domain anda. 

Jadi, jangan takut kalau, misalnya, Anda lupa! Selanjutnya saya akan membahas tentang hosting di artikel selanjutnya.

Memilih Nama Domain yang Tepat Domain adalah alamat website. Contohnya seperti google.com, atau tokopedia.com, Apabila Anda salah pilih domain, alamat website Anda akan sulit untuk diingat. 

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih domain yang tepat. 

Nama domainnya harus mencerminkan bisnis Anda dan tentunya harus mudah untuk diingat juga. 

cara mencari domain yang tepat

Nah, ada beberapa kriteria yang bisa Anda ikuti agar tidak salah pilin domain, yaitu: 

  • Jumlah katanya sedikit - Semakin panjang nama domainnya, semakin sulit untuk diingat. Jadi, pastikan nama domainnya singkat (dibawah 10 karakter). 

  • Mudah untuk diucapkan, Semakin mudah untuk diucapkan, maka namanya akan semakin mudah diingat. Contohnya, tentu lebih mudah mengingat gramedia.com daripada penerbitbukugramedia.com, bukan? 

  • Sesuai dengan nama brand, Masih bingung pilih domain yang mana? Pakai nama brand saja! Cara ini dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda juga lho. Selain itu, Anda juga perlu memilih top-level domain (TLD) yang tepat. TLD adalah bagian paling belakang di sebuah domain. Contohnya seperti .com, .co.id. Atau .net. Intinya, pilihlah TLD yang paling mewakili bisnis Anda. Butuh inspirasi? 

Anda bisa coba menggunakan domain name generator. Alat ini akan membantu Anda menemukan nama domain berdasarkan kata kunci yang Anda berikan. 

Contoh domain name generator yang populer adalah NameMesh dan Instant Domain Search.

https://niagahoster.com


Hosting Unlimited Indonesia

Jika anda sedamg mencari domain anda bisa mengunjungi di hosterniaga untuk mencari domain. atau bisa mengklik link di atas untuk mencari domain.

Post a Comment for "cara mencari domain yang tepat"