Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

masjid agung Demak yang indah

Terlepas dari Masjid yang sarat akan sejarah, tempatnya sendiri terawat dengan baik, fasilitas banyak, parkir luas, dan sebagainya. 

Recommended banget untuk yang mau ziarah atau sekedar berhenti untuk beribadah atau istirahat sejenak saat lewat di daerah Pantura terutama. 

Bersejarah dan Kramat masjid kerajaan pertama kali di Jawa dibangun oleh sunan Kalijaga. Tempat ini Merupakan tempat wisata religi, pusat penyebaran islam di wilayah jawa. 
Disini terdapat makam wali, dan masjid peninggalan wali yg sangat terkenal karena konon katanya 4 tiang penyangga masjid terbuat dari tatah kayu yang tidak terpakai dan di jadikan bentuk menyerupai batang kayu sehingga bisa di buat menjadi tiang penyangga. 

Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan Islam di tanah Jawa. 

Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak yang merupakan putra Raden Brawijaya V dari Majapahit sekitar abad ke-1 5 Masehi. 

Masjid ini mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru.
Salah satu dari tiang utama tersebut konon berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai saka tatal. 

Bangunan serambi merupakan bangunan terbuka. Atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit.

Atap limas Masjid terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan : (1) Iman, (2) Islam, dan (3) Ihsan. Di Masjid ini juga terdapat "Pintu bledeg", mengandung candra sengkala, yang dapat dibaca Naga Mulat Salira Wani, dengan makna tahun 1388 Saka atau 1466 M, atau 887 H. 

Masjid pertama di tanah Jawa. Bangunan asli masih terjaga, ada 4 tiang kayu jati besar sebagai penyangga atap dengan diberi nama para Sunan. Ada museum di samping masjid dan juga makam Raden Fatah. 

Masjid yang penuh berkah, nyaman, tenang & damai, mari kita i'tikaf " seraya memohon Ampun dari Nya. Bukti sejarah dan sentral penyebaran islam di pulau jawa. 

Disini suasananya adem damai, jadi ketika masuk wilayah Masjid Agung Demak kalian akan merasakan sensasi seperti di jaman dahulu, karena tempat ini juga merupakan tempat yang bersejarah, dan salah satu masjid tertua di Tanah Jawa, bahkan Indonesia.
Disini juga biasa ada orang berziarah kubur, disini terdapat makam dari Raden Fatah, Raden Adipati Unus, dan Sultan Trenggono, Jadi disini setiap hari ramai sekali. 

Selain itu disini juga terdapat alun-alun yang luas dan indah terdapat juga spot foto yang menarik. 
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "masjid agung Demak yang indah "