Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tips bepergian ke luar negeri

Traveling adalah adalah sesuatu kegiatan yang menyenangkan apalagi pergi ke tempat wisata atau ke pantai, semua itu pasti akan menyenangkan kalau tidak ada problem. 
Apalagi bepergian jauh membutuhkan persiapan yang baik, berikut Tips mudah dan simple untuk bepergian jauh: 

  • Sebelum bepergian jauh, siapkan koper. 

Koper merupakan bagian dari persiapan yang sangat penting. Gak mungkin kan kalau kita ke luar negeri bepergian jauh menggunakan tas plastik ataupun tas kresek belanja. 

Untuk membeli koper sebaiknya membeli koper yang beroda 4. Hal tersebut akan memudahkanjika barang bawaan kita sangat berat dan banyak. 

Dengan koper roda 4, maka kita tidak perlu repot-repot untuk memakai troli di bandara. 

  • Siapkan baju dan gulung dengan rapi. 

Tidak usah membawa banyak baju yang nantinya gak akan terpakai di Negara tujuan. Misalnya kita pergi ke Negara yang mempunyai 4 musim Maka harus diperhatikan, bahwa kita harus membawa baju untuk bisa dipakai di musim dingin dan musim panas. 

Untuk di musim dingin, sebaiknya banyak-banyak membawa sweater. Sweater tersebut akan berguna saat kita merasa kedinginan. Jangan lupa juga membawa beberapa pasang kaos kaki. 

Kaos kaki di musim dingin sangat berperan penting, karena walaupun ada di dalam rumah kaos kaki selalu dipakai. 

Tak lupa juga siapkan syal, legging, sarung tangan, dan juga penutup telinga. Hal tersebut akan sangat membantu untuk bepergian jauh. 

  • Siapkan satu tas ransel dan satu tas kecil. 

Jangan lupa juga untuk membawa tas ransel. Tas ransel berguna jika kita membawa dokumen penting seperti laptop, kamera, charger, dan alat elektronik lainnya. 

Selain tas ransel, bawa juga tas kecil selempang. Tas kecil ini sangat berguna dan praktis untuk menyimpan dokumen penting yang sering keluar masuk tas, misalnya KTP, Sim, tiket pesawat dan Paspor. 

  • Siapkan dokumen penting di map, 

Jangan lupa meninggalkan dokumen penting jika pergi ke luar negeri. Jika ingin kuliah di luar negeri, maka dokumen yang harus dibawa seperti ijazah, sertifikat, dsb. 

Tidaklah tindakan gila kalau kita sudah sampai di negara tujuan sedangkan dokumen penting yang wajib dibawa tertinggal di rumah. Jangan lupa pula untuk menscan dokumen-dokumen tersebut. 

Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk jika dokumen kita hilang. Data yang di scan akan sedikitmembantu jika hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Paspor, identitas diri, dan tiket pesawat juga jangan sampai hilang. 

  • Siapkan uang yang akan di pakai di negara tujuan. 

Uang yang digunakan di Negara tujuan jangan sampai tidak dipersiapkan. Hal ini penting jika kita ingin membayar taksi atau menggunakan layanan umum. 

Jika kita di tempat tujuan mengalami kepanikan atau sesuatu yang kurang nyaman, maka kita sudah berjaga-jaga bisa menggunakan uang tersebut secara langsung. 

Tidak perlu untuk mencari money changer atau bank-bank penukar mata uang asing. Iya kalau jasa penukar uang tersebut tidak jauh dari tempat tinggal kita. 

  • Siapkan obat-obat pribadi. 

Obat pribadi sangatlah penting untuk dibawa. Apalagi jika kita mempunyai penyakit tertentu yang tidak akan bisa menemukan obat tersebut di sembarang apotek. 

Adapun obat-obat yang disarankan untuk dibawa saat bepergian jauh yaitu obat masuk angin, obat diare, minyak kayu putih, obat anti mual, hansaplas, dan obat sakit mag. Obat penyakit lainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan hehe. 

  • Siapkan mental dan istirahat yang cukup. 

Mengapa mental harus dipersiapkan? Iya ini sangat penting. Kita tidak tahu kan apa yang akan terjadi pada kita saat bepergian, kadang bisa kejadian yang baik dan bahkan bisa juga kejadian buruk. 

Dan sebaiknya sebelum melakukan perjalanan jauh, banyak-banyaklah beristirahat di rumah. Karena jika kita sudah merasa kelelahan sebelum melakukan perjalanan. 

Maka di perjalanan yang sebenarnya diri kita akan jauh 5x lipat merasakan keletihan yang mendalam. Banyaklah istirahat, makan teratur. 
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "tips bepergian ke luar negeri"