Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

wisata ke makam raja-raja Imogiri

Raja-raja di Imogiri, Sultan Agung telah menyiapkan area pemakaman khusus yang dinamakan Girilaya. 

Makam ini didirikan antara tahun 1632 1640M oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo, Sultan Mataram ke-3, keturunan dari Panembahan Senopati, Raja Mataram ke-1, dan merupakan bangunan milik keraton kasuhanan. 
Parkir luas dan ada masjid di pintu masuk. Kita harus menaiki beberapa tangga buat sampai di atas. Harus siap bawa minum karena naik tangga lumayan melelahkan. 

Ada beberapa penjual di sepanjang jalan menuju makam. Lebih baik datang ke sini waktu pagi karena kalau siang terasa panas sekali. Jadwal tutup makam kurang Iebih jam 1 kalau mau masuk ke dalam. 

Makam dari raja-raja mataraman dari keraton jogjakarta dan solo, suasana yang khas dengan adat jawa dan klasikal. 

Dibukanya malam imogiri sebagai wisata religi sangat bagus bagi generasi muda untuk tau bahwa banyak dari Ieluhur kita yang sangat luar biasa dalam kemajuan peradaban yang ada di Indonesia khususnya tanah jawa. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa raja-raja dari yogjakarta dan solo sangat berpengaruh masa dahulu dalam memperjuangkan NKRI. 

Generasi muda saat ini perlu melihat kebelakang sedikit agar tdk kalah dengan Ieluhur yg telah membuat prestasi yg sangat besar. 

Masa Ialu di ingat agar kita pandai bersyukur agar kita bisa menghargai hasil kerja dan perjuangan para tokoh jaman dulu. Mereka rela berkorban tenaga harta bahkan nyawa demi kebaikan generasi saat ini. 

Kita lestarikan dan kita rawat situs situs peninggalan sejarah agar nanti anak cucu kita bisa mengenal nenek moyangnya. Lestarikan budaya bangsa agar kita bisa menjadi bangsa yang besar.
Jika anda sedang berada di Jogja tepatnya di Bantul, saya sarankan untuk sejenak atau sehari datang kesini entah itu berziarah atau berwisata ke sini.

Karena tempatnya adem, banyak pengunjung yang datang ke sini, karena suasana jawanya kental banget, seperti berada di zaman kerajaan, apalagi pas mengenakan baju adat Jawa.
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "wisata ke makam raja-raja Imogiri"