Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Nomor Handphone Melalui Google

Pernahkah anda berfikir bagaimana cara melacak nomor Handphone teman atau keluarga anda agar anda mengetahui lokasi seseorang melalui nomor handphonenya.

Cara melacak lokasi nomor Handphone

Atau ada seseorang yang sering menghubungi anda namun tidak diketahui identitasnya sehingga membuat anda penasaran?

Nah, jika penasaran, anda bisa kok melakukan penelusuran untuk menemukan lokasi keberadaan seseorang hanya dengan nomor handphone yang di gunakan.

Hal seperti ini umum dilakukan untuk mencari lokasi Handphone yang tertinggal di suatu tempat atau hilang dicuri penjahat.

Jika anda mengalami hal ini, tidak perlu mencari orang yang ahli untuk dapat melacak nomor handphone, karena anda sendiri dapat melakukannya.

Proses untuk melacak nomor handphone itu sendiri juga tidak butuh waktu yang lama, selain itu, caranya juga cukup mudah untuk dipahami.

Cara Melacak Nomor Handphone Melalui Google

Jika Handphone hilang atau dicuri, anda pasti akan merasa panik dan bingung bagaimana cara mengetahui dimana posisi Handphone anda sekarang.
Cara melacak lokasi Handphone
Lalu anda akan langsung mencari tahu apa yang dapat dilakukan untuk melacak Handphone Anda.

Anda tidak peru khawatir jika Handphone yang hilang adalah handphone Android atau iOS karena untuk menemukan lokasi keberadaan handphone tersebut itu mudah.

Anda juga harus memahami bahwa Handphone tersebut mempunyai data atau file dokumen penting yang bersifat pribadi.

Jadi, langkah awal yang tepat seharusnya adalah mengamankan data-data tersebut. Lalu, lakukan langkah di bawah ini untuk mengamankan data file anda, antara lain:

  • Ingat Tentang Sistem Keamanan Handphone Anda

Hal pertama yang harus anda ingat adalah, apakah Handphone anda yang hilang sudah menggunakan kunci layar dengan pola, passcode, pemindai sidik jari ataupun wajah.
Cara melacak Handphone yang tertinggal
Anda juga harus mengingat apakah setiap aplikasi anda menggunakan kunci dengan password atau tidak, seperti WhatsApp, Instagram, Galery, file penyimpanan, Google drive, dan lainnya.

Jika sudah menerapkan penguncian layar pada handphone Anda, bisa langsung melakukan penghapusan data.

Hal ini menyelamatkan datanya agar aman dan tidak akan disalahgunakan, sehingga anda tidak perlu khawatir.

  • Ingat Kondisi Koneksi Internet pada Handphone Anda

Selanjutnya, anda juga harus ingat bagaimana kondisi terakhir koneksi internet pada Handphone Anda, masih terhubung internet atau tidak.

Dalam hal ini yang perlu anda ingat adalah mengenai koneksi dengan jaringan internet, serta aktif tidaknya GPS dan sinkronisasi.

Hal ini karena cara melacak nomor Handphone akan membutuhkan ketiga koneksi tersebut. 

Selain itu, saat proses mencari dan menghapus data juga membutuhkan koneksi internet yang aktif dan stabil.

  • Posting di Semua Media Sosial

Sebagai usaha dalam pencarian Handphone, anda juga bisa posting status di semua media sosial yang kamu punya seperti Facebook, WhatsApp dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa share berita kehilangan Handphone anda di grup chatting keluarga, teman, alumni, kantor dan lain sebagainya.

Anda juga dapat cek di grup jual beli di media sosial, karena hal seperti ini bisa jadi pelakunya sedang berusaha menjual Handphone Anda.

Cara melacak nomor Handphone paling mudah yang dapat anda lakukan yaitu memanfaatkan fitur Google yang tersedia lengkap untuk membantu Anda.

Fitur yang dimaksud yaitu seperti Google Maps, Gmail atau bisa juga dengan GPS (Global Positioning System) melalui situs nya. 

Nah, untuk tahu lebih lanjut tentang langkah dan Tutorial cara lengkapnya, berikut ini penjelasan dari masing-masing fitur aplikasinya, antara lain:

1.     Melacak Nomor Handphone dengan Google Maps

melacak nomor handphone dengan google maps
Seperti yang anda ketahui, Google Maps adalah salah satu fitur Google yang berfungsi untuk mencari lokasi dan rute peta perjalanan.

Anda juga dapat gunakan aplikasi ini untuk mengetahui lokasi seseorang atau mencari Handphone yang hilang dengan menggunakan nomor Handphone.

Nah, berikut ini beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk mencari lokasi seseorang, antara lain:

  • Fitur Pemandu Perjalanan

Dengan fitur yang satu ini, anda dapat dengan mudah menemukan keberadaan atau lokasi Handphone anda yang hilang atau lokasi seseorang.

Fitur ini adalah fitur yang akan membantu anda untuk menunjukkan arah/jalur jalan atau rute mana saja yang harus dilewati dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

Sesuai dengan namanya, fitur yang disebut Driving and Directions ini akan membantu memandu anda selama perjalanan menuju lokasi atau tujuan anda.

  • Fitur Transit kamu Walking Directions

Selanjutnya, Cara untuk mendapatkan lokasi Handphone anda bisa juga dengan memanfaatkan menu Transit and Walking Directions yang berfungsi untuk mendapatkan rute yang terbaik.

Menu ini memberikan informasi rute sesuai dengan transportasi yang anda gunakan, baik itu dengan motor, mobil, bus maupun jalan kaki.

Dengan begitu, Semua rute perjalanan anda akan terekam didalam google maps, sehingga anda akan tahu dimana lokasi Handphone Anda.

  • Fitur Street View

Fitur yang bernama Street View ini dapat menunjukkan kepada anda bagaimana tampilan yang sebenarnya di jalanan pada suatu lokasi daerah tertentu.

Fitur ini dapat anda gunakan untuk mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi jalanan di daerah tersebut dengan gambaran yang lebih detail.

Dengan begitu, untuk mendapatkan lokasi Handphone anda lebih mudah ditemukan melalui gambar karena detail yang terlihat lebih jelas.

  • Fitur My Location

Meski tanpa GPS, anda juga dapat mencari tahu keberadaan atau lokasi nomor Handphone anda yang hilang.

Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur my location untuk mencari tahu lokasi keberadaannya. Fitur ini akan memberikan informasi terkait lokasi yang sudah anda simpan.

2.     Melacak Nomor Handphone dengan Gmail

melacak no handphone dengan gmail google
Selain memanfaatkan fitur Google Maps, anda juga dapat melacak nomor dengan bantuan Gmail. Gmail merupakan salah satu aplikasi Google yang digunakan seseorang untuk login ke smartphone mereka.

Nah, jika Handphone anda hilang, Gmail tersebut dapat sangat berguna untuk melacak keberadaannya. Caranya cukup sederhana seperti panduan berikut ini:
  • Buka terlebih dahulu Gmail pada PC atau komputer kamu dengan mengetik link gmail.com pada search engines, lalu klik enter dan masuk.
  • Cara melacak nomor Handphone yang selanjutnya adalah login dan masuk ke alamat email, lalu langsung klik tombol Berikutnya.
  •  Selanjutnya, Masukan password yang digunakan pada handphone anda yang hilang, lalu klik lagi tombol Berikutnya.
  •  Jika anda membuka Gmail menggunakan browser yang ada di Handphone, maka ubah dulu halaman website ke versi web dengan klik tab pilihan Web.
  • Coba perhatikan tampilan Gmail Anda, cari dan klik ikon titik yang berjumlah 9, biasanya berada di dekat foto profil.
  • Dari situ akan muncul beberapa pilihan fitur Google lainnya seperti YouTube, Maps, Drive dan lainnya, silahkan pilih opsi Akun Google.
  • Cara melacak nomor Handphone selanjutnya adalah dengan scroll ke bawah hingga pilihan Temukan Ponsel Saya, silahkan klik opsi Mulai yang berwarna biru.
  •  Setelah itu akan muncul beberapa tipe Handphone yang pernah anda pakai menggunakan akun Gmail tersebut, pilih saja Handphone anda yang hilang.
  • Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi lagi, silahkan masukkan password sesuai pada Handphone yang hilang.
  •  Setelah itu, akan muncul data terakhir dan pilihan antara Deringkan dan Temukan, dalam hal ini kamu pilih saja opsi Temukan.
  •  Lalu akan muncul kembali pilihan jenis Handphone yang terhubung dengan Gmail tersebut, pilihlah Handphone anda yang hilang dan yang akan dicari.
  • Setelah memilih Handphone, selanjutnya anda hanya perlu melakukan klik Refresh atau gambar lingkaran dengan tanda panah di ujungnya.
Dengan demikian, anda akan mendapatkan informasi lokasi atau keberadaan Handphone tersebut dan juga waktu terakhir handphone dibuka.

Di layar handphone juga akan terdapat informasi tentang jumlah baterai yang tersisa pada perangkat atau Handphone tersebut.

Anda dapat menuju ke lokasi sambil terus di refresh handphone anda untuk memantau kemungkinan pelaku pindah ke lokasi lain.

3.     Melacak Nomor Handphone dengan GPS

melacak nomor handphone menggunakan gps google
Selain itu, Anda juga dapat melacak lokasi keberadaan nomor Handphone dengan menggunakan bantuan Globe Positioning System atau sering disingkat GPS.

Teknik yang ini tidak memerlukan aplikasi apapun, cukup memanfaatkan GPS yang sudah tertanam pada Handphone anda yang hilang.

Berikut ini cara yang perlu anda lakukan untuk mencari lokasi nomor Handphone menggunakan GPS, yaitu:
  • Cara melacak nomor Handphone ini dapat dilakukan dengan membuka situs atau website GPS berikut: www.SAT-GPS-Tracker.com pada browser Anda.
  • Selanjutnya, anda dapat pilih menu track a number here untuk melakukan tracking atau pencarian terhadap nomor Handphone anda.
  • Setelah itu, anda akan diminta untuk memilih lokasi dimana Handphone tersebut hilang.
  • Lalu isikan nomor telepon dan kode nomor handphone sesuai negaranya, karena anda berada di Indonesia, maka kode nomornya 62. Kemudian anda dapat mengisi nomor Handphone pada kolom phone number yang disediakan, tanpa menambahkan angka nol (0) di depannya.
  •  Terakhir, anda langsung saja klik to search untuk melakukan pencarian nomor Handphone dan tunggu hasilnya beberapa saat kemudian.
Itulah cara melacak nomor Handphone anda yang hilang di google, saya akan menulis lagi cara melacak nomor Handphone mengunakan operator seluler. 
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara Melacak Nomor Handphone Melalui Google"