Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Nomor Handphone dengan nomor IMEI

Cara melacak nomor Handphone pada saat ini dapat dilakukan oleh siapa saja, meski bukan ahli komputer sekalipun. 

melacak nomor handphone melalui nomor Imei
Namun yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa alasan dibalik keinginan anda untuk melacak lokasi seseorang? Secara umum, inilah beberapa alasan yang dapat mendasari seseorang ingin mengetahui lokasi orang lain dengan melacak nomor Handphone, yaitu:

Diganggu oleh Nomor Tidak Dikenal

Ketika Anda di hubungi oleh orang asing, itu pasti dapat membuat anda merasa terganggu dan penasaran siapa yang melakukan hal itu kepada anda. 

Pada beberapa kasus, pelaku mungkin akan berhenti menghubungi anda, jika anda memblokir nomor yang menghubungi Anda. 

Namun, pada kasus orang lain ada pelaku yang tidak berhenti, sehingga membuat korban merasa perlu mengetahui cara mengetahui nomor orang asing tersebut.

Ingin Tahu Keberadaan Orang Terdekat

Bagi orang yang sudah terbiasa hidup dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, melacak nomor Handphone seseorang mungkin mudah dilakukan. 

Beberapa orang itu memang hal biasa, untuk melakukan hal itu pada anggota keluarga atau kerabat dekat atau satu komunitas yang sama. 

Melacak lokasi seseorang dapat dilakukan dengan tujuan ingin berjumpa atau bahkan sekadar ingin tahu keberadaannya saja.

Melacak Smartphone yang Hilang


Nah, ketiga alasan itulah yang paling banyak mendasari aktivitas atau kegiatan melacak nomor Handphone untuk mengetahui lokasi keberadaan handphone. 

Ada cara lain untuk melacak Handphone selain memanfaatkan Google, aplikasi dan operator. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan IMEI yang bersifat unik dan ada pada masing-masing Handphone. 

Selanjutnya, akan saya jelaskan cara melacak nomor Handphone dengan menggunakan IMEI (International Mobile Equipment Identify) yang ada pada handphone. 

IMEI adalah sebuah nomor identitas atau kode yang melekat pada sebuah Handphone untuk menyimpan data-data penting di dalamnya. 

Masing-masing Handphone cuma memiliki satu atau dua IMEI yang unik dan berbeda-beda.

Jumlah IMEI yang ada pada Handphone biasanya dipengaruhi oleh jumlah SIM card (single atau dual). 

Meski tidak banyak orang yang menyadari keberadaan nomor IMEI, ini sebenarnya hal  sangat penting dan perlu anda catat dan simpan baik-baik. 

Namun bukan hanya itu, nomor ini juga berfungsi untuk memudahkan anda untuk identifikasi gadget yang terhubung dalam jaringan. 

Nomor IMEI umumnya berjumlah 15-16 digit dan di masa kemajuan teknologi informasi yang akan datang bisa lebih panjang, mengingat produksi Handphone semakin banyak. 

Nah, sebelum melacak Handphone menggunakan nomor IMEI, sebaiknya anda harus tahu dulu bagaimana cara melihat nomor IMEI, yaitu:

Melihat Nomor IMEI pada semua Handphone 

Cara mengetahui nomor IMEI pada sebuah Handphone biasanya berbeda-beda tergantung brand atau mereknya. Nah, berikut ini mengetahui nomor IMEI pada semua Handphone  antara lain:
  • Masuk ke menu Setting atau Setelan, lalu pilih dan klik opsi Tentang Telepon
  •  Setelah itu, kamu akan disuguhkan informasi tentang CPURAMPenyimpananStatus dan lainnya, di sini pilih opsi Status
  • Selanjutnya, ada data lagi yang muncul, silahkan anda pilih yang paling bawah yaitu opsi Informasi IMEI
  • Setelah itu, barulah akan muncul informasi nomor IMEI pada Handphone Anda, jumlahnya tergantung dengan slot SIM Card yang dimiliki handphone. 

Cara melacak nomor Handphone memang dapat dilakukan dengan nomor IMEI karena bersifat unik dan berbeda pada masing-masing Handphone. 

Artinya jika ada 2 SIM Card maka nomor IMEI nya juga ada 2 macam. Namun, perlu anda ketahui bahwa nomor IMEI yang menjadi identitas utama pada Handphone tersebut berbeda, dan satu handphone tidak akan sama nomor IMEI nya pada handphone lain. 

Cara cek nomor IMEI juga dapat dilakukan dengan kode sederhana ini yaitu *#06# jika anda mengetik nomor itu di menu deal telepon pasti akan muncul secara otomatis nomor IMEI handphone anda. 

Setelah mengetahui informasi nomor IMEI yang ada pada Handphone, barulah anda dapat melacak nomor IMEI tersebut. Melacak nomor Handphone yang hilang atau dicuri menggunakan nomor IMEI memang dapat dilakukan. 

Namun, dengan syarat SIM Card yang ada pada Handphone tersebut belum diganti dan Handphone tersebut masih tersambung ke jaringan. 

SIM Card itu sendiri merupakan sebuah kunci yang dibutuhkan oleh seorang pelacak untuk mengetahui posisi atau lokasi Handphone dengan memanfaatkan IMEI. 

Proses pencarian atau pelacakan dapat dilakukan dengan memanfaatkan BTS dari operator provider SIM Card tersebut. 

Setidaknya butuh 3 BTS untuk dapat menentukan lokasi terbaik handphone tersebut dan hal ini hanya dapat dilakukan oleh operator seluler.

Cara melacak nomor Handphone dapat dilakukan dengan memanfaatkan BTS yang ada di seluruh Indonesia, perangkat yang terhubung dapat ditemukan lokasinya. 

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencari nomor IMEI handphone yang anda cari lalu minta bantuan ke gerai operator yang digunakan pada Handphone. 

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi dalam proses pencarian nomor Handphone dengan IMEI, antara lain:
  • Hasil pencarian sangat tergantung dari seberapa kuat sinyal BTS operator, BTS itu sendiri tersebar di seluruh Indonesia dan saling terhubung dan jangkauannya beberapa kilometer. 
  • Selain itu, Handphone yang sedang dilacak keberadaannya juga harus tersambung dengan koneksi internet agar dapat menerima sinyal ke BTS
Cara melacak nomor Handphone dengan nomor IMEI memang dapat dilakukan, namun butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit. 

Itulah sebabnya jarang yang melakukan hal seperti ini, biasanya mereka lebih memilih melacak menggunakan cara yang lain atau merelakannya dan membeli Handphone baru. 

Kecuali, jika nomor Handphone tersebut sangat penting untuk beberapa orang, seperti : Kepolisian, KPK dan kebutuhan penting lainnya.

Itulah seputar informasi cara melacak Handphone yang dapat dilakukan dengan bantuan nomor IMEI, anda juga dapat melacak Handphone dengan Google, Aplikasi, Operator

Untuk cara melacak dengan aplikasi sebenarnya masih banyak lagi aplikasi lain yang serupa. Siapa pun dapat melakukan cara yang dijelaskan di atas karena sangat mudah dimengerti dan tidak butuh waktu yang lama.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara Melacak Nomor Handphone dengan nomor IMEI"