Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengetahui password wifi di handphone

Mengunakan wifi untuk menjadi fitur mengakses internet di handphone Android, itu hal yang paling penting, apalagi pas nongkrong di warkop. 

Untuk dapat mengakses wifi, perangkat harus menyalakan koneksi wifi di handphone lalu menyambungkan ke router terdekat. 

cara mengetahui password wifi di handphone

Setelah itu, pengguna harus memasukkan password dan Internet baru siap dipakai. Ketika anda menyalakan wifi di perangkat handphone, koneksi internet akan berjalan otomatis dan tidak perlu memasukkan password kembali.

Namun, ketika anda mengalami kesulitan masuk ke wifi dan sengaja memilih opsi forget network. Untuk terkoneksi kembali dengan router wifi tersebut, pengguna harus memasukkan password. 

Masalahnya adalah anda tidak tahu password tersebut. Ada beberapa cara untuk melihat password wifi di android untuk menyelesaikan masalah ini. Simak ulasan artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Masing-masing cara berikut ini dapat dicoba untuk menemukan password. Sebenarnya, anda cukup menghubungi pengelola wifi tersebut dan meminta password wifi. 

Namun, ada cara lain tanpa harus merepotkan orang lain atau pengelola wifi. 

Mengakses router

Wifi point atau hotspot yang sering anda ketahui itu sebenarnya router yang merangkap access point. Akan tetapi, ada juga yang murni access point dan menerima jaringan dari router secara terpisah. 

Password dapat di setting di bagian perangkat router tersebut. Secara singkat, perangkat ini dapat memastikan semua koneksi berada di jalur yang aman. 

Smartphone atau laptop yang ingin tersambung melalui wifi harus memiliki password untuk verifikasi.

Jika anda adalah administrator, cara melihat password wifi di android yang pertama adalah melalui setting di router. Buka browser dan ketik 192.168.1.1 di bagian address bar.

Halaman pengaturan wifi akan segera terbuka dan kamu login. Lihat bagian setting dan cek ssid. 

Area tersebut biasanya akan menunjukkan dimana password disimpan. Anda juga dapat menggantinya secara langsung.

Cara ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu password didapat langsung dari sumbernya. Namun, cara ini sangat terbatas untuk pengguna tertentu. 

Anda adalah orang yang memiliki akses ke wrouter. Selain itu, alamat yang dituju tidak selalu sama di setiap router. Sebagai contoh, beberapa router memiliki halaman setting 192.168.2.1 dan lainnya.

Aplikasi untuk setting router

Modem terbaru pada saat ini sudah menggunakan aplikasi untuk di akses. Meskipun masih ada yang memakai alamat ip address. 

Jika anda tidak mengetahui alamat tersebut, penggunaan aplikasi akan menjadi pilihan utama. Anda harus install dulu aplikasi tersebut.

Setelah siap, buka aplikasi dan login. Pastikan settingan wifi dan router telah tepat karena aplikasi harus terintegrasi dengan router yang dimaksud. 

Cek ke bagian dan cari dimana password yang tersimpan. Klik fitur untuk menunjukkan password tersebut.

barcode setting wifi

Pernahkah anda melihat barcode di bagian setting wifi. Di handphone android, pengguna dapat menyebarluaskan password dan akses wifi dengan cara scanning barcode. 

Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengetahui password wifi tertentu.

Sebelumnya, cara ini membutuhkan dua handphone. Anda dapat masuk ke setting di perangkat pertama. Setelah itu, pilih wifi dan share dengan barcode. 

Di handphone kedua, anda dapat membuka barcode scanner dan hadapkan layar ke barcode di handphone pertama. 

Informasi mengenai wifi dan password dapat segera muncul. Dari password tersebut, anda dapat menerapkan barcode tersebut di perangkat pertama jika memang lupa.

Cara ini sangat efektif selama perangkat masih terhubung ke wifi tersebut. Bisanya, anda dapat menyambungkannya secara otomatis. 

Saat orang lain ingin ikut menyambung Internet lewat hotspot tersebut, anda dapat membagikan password dengan cara tersebut. Di sisi lain, anda juga bisa mendapatkan timbal balik yaitu password sudah diketahui.

Wifi password recovery

Di handphone Android memiliki beberapa aplikasi yang dapat menyimpan dan mengelola password terutama wifi. Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengetahui password di wifi tersebut. 

Install wifi password recovery dan cek di bagian mana password tersimpan. Aplikasi ini dapat menyimpan beberapa wifi secara bersamaan.

Setting di android

Sebenarnya, password wifi yang tersimpan di handphone akan tersambung secara otomatis, jika anda ingin menyambungkan lagi. Anda buka setting lalu pilih wifi. 

Tap wifi yang sedang menyala atau tersedia. Lihat bagian setting dari wifi tersebut dan pilih modify network. Settingan ini berbeda di masing-masing android. 

Namun, konfigurasinya sama yaitu password tersimpan di perangkat. Anda cukup mengeksplorasi bagian wifi tersebut dan menemukan dimana password tersebut disimpan.

Anda dapat mencoba satu atau lebih cara yang sudah dijelaskan diatas. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Cara melihat password wifi di android harus disesuaikan dengan tujuan dan kondisi anda. 

Jika memang lupa password, masuk ke bagian router sangat dianjurkan. Apabila hanya sebatas share password, anda dapat mencoba barcode dan cara terakhir di atas. 

Password manager juga dapat anda gunakan untuk menyimpan kata kunci penting seperti email, social media, termasuk juga wifi.

Keamanan proteksi jaringan

Pembahasan selanjutnya adalah mengapa wifi harus menggunakan password dan sistem keamanan yang digunakan. Teknologi wifi sekarang sudah sangat canggih terutama cakupan dan kapasitasnya. 

Wifi untuk public dapat menampung perangkat yang banyak user. Tentu, wifi tipe ini terkadang memiliki password bahkan ada yang hanya tinggal menyambungkan. 

Untuk wifi yang terakhir, anda harus waspada sebab jaringan tersebut terbuka dan rentan terhadap serangan cyber.

Password sangat berguna untuk memastikan perangkat yang masuk telah memiliki autentifikasi yang jelas. Misalnya, wifi di universitas hanya untuk aktivitas akademika. 

Mahasiswa dan dosen berhak menyambungkan handphone ke wifi tersebut selama memiliki password dan username. 

Cara ini juga dapat diterapkan untuk wifi yang bersifat pribadi dimana hanya sedikit orang yang berhak menggunakan wifi.

Penggunaan password wifi terdiri dari beberapa jenis. Pertama, password di setting di bagian router. Cara melihat password wifi di android yang telah dijelaskan tadi adalah untuk tujuan tersebut. 

Namun, ada juga wifi di setting dengan password dari pengguna. Contohnya adalah wifi universitas dimana mahasiswa menggunakan nomor induk dan password untuk segala akses. 

Untuk tipe wifi ini, anda tidak dapat mengetahui password milik orang lain kecuali sengaja diberikan.

Settingan password wifi yang lain adalah dengan amc address. Komputer server atau induk komputer menyimpan semua perangkat yang berhak mengakses wifi. 

Cara ini tidak membutuhkan password karena perangkat akan tersambung otomatis. Wifi dan jaringan jika sudah mengenal perangkat tersebut dan identifikasi berlangsung otomatis. Ini cara untuk koneksi yang terbatas dan hanya untuk pengguna tertentu.

Akses wifi tanpa password

Beberapa aplikasi untuk cara melihat password wifi di android bersifat khusus dan ada pula yang universal. Misalnya wifi menggunakan router zte. 

Anda perlu aplikasi buatan zte untuk mengakses router dan harus kompatibel dengan router tersebut. 

Ada pula aplikasi untuk semua router tetapi kemungkinan sukses sangat beragam. Anda dapat mencoba keduanya untuk mendapatkan password.

Akses wifi tanpa password menjadi pilihan yang sangat disukai oleh banyak orang. Untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan anda harus menggunakan vpn dan proxy. 

Jangan menggunakan jaringan ini untuk membuka situs penting atau melakukan transaksi keuangan. Anda tidak akan pernah tahu apa yang sedang terjadi saat terjadi pertukaran data. 

Hal inilah alasan mengapa wifi dengan password menjadi pilihan utama. Selama anda terhubung dengan aman, data di perangkat handphone android tidak akan bocor.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "cara mengetahui password wifi di handphone"