Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mencari Tema WordPress yang Sesuai website anda

Setelah anda menginstall dan mengaktifkan website dan mengunakan CMS WordPress, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih tema yang sesuai dengan visi dan misi website Anda. 

Bagi Anda yang belum mengenal tema WordPress, template yang ada di website adalahcara memodifikasi tampilan dan tata letak di dalam suatu website.
Cara mencari tema WordPress yang sesuai website anda


Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak ribuan template gratis yang dapat digunakan jika Anda masih mau mencoba-coba dalam membuat website, sampai menemukan template yang pas. Tema gratis yang ada di wordpress berada di Direktori Tema WordPress:

Untuk menginstall tema, buka dashboard WordPress dan cari tab Appearance > Themes. Biasanya setelah diinstall, WordPress memiliki beberapa tema standar. 

Tema-tema ini merupakan tema dasar sehingga Anda bisa mencari opsi lain untuk diterapkan. 

Tentunya Anda akan mencari tema khusus untuk blog travel, dan tema seperti ini, untungnya, ada versi gratisnya, dan anda bisa memakai sesuai hati. 

Tapi saya sarankan agar tidak sering mengedit tema agar waktu anda tidak habis mengedit tema.

Contoh untuk mencari tema yang diinginkan seperti mencari tema dengan jenis website traveling, klik opsi Add New dan ketikkan keyword “travel”. Anda akan disuguhkan dengan beberapa tema pilihan.

Dalam memilih template buat sebuah website, jangan hanya melihat pada tampilannya saja, tapi juga melihat fitur yang dimiliki apakah sesuai dengan kebutuhan website Anda atau tidak. 

Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dan teliti dalam memutuskan mana tema yang hendak diterapkan karena tema tersebut akan digunakan dalam waktu yang lama.

tips memilih tema WordPress 

  • Saya sarankan dalam memilih tema lihat dulu apakah tema menerima banyak ulasan positif. Jumlah review banyak dan peringkat bintang rata-rata empat (dari 5 bintang) itu adalah dua hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih tema.
  • Template harus selalu di update . saya sarankan untuk tidak menginstall atau menjalankan tema yang tidak pernah diupdate dalam beberapa bulan terakhir. Karena tema yang jarang atau bahkan tidak pernah diperbarui hanya akan membawa masalah pada performa website Anda.
  • Tutorial atau artikel dasar dalam mengunakan template. Tema apa pun pasti akan menyediakan panduan dasar dalam mengunakan template yang mereka buat. Panduan ini akan membantu Anda dalam mengenal dan memahami berbagai fitur yang dihadirkan serta cara penggunaannya. dan anda tidak akan pusing dalam mengunakannya.

Dari ketiga saran tadi apakah anda Sudah menemukan tema yang tepat dan sesuai dengan kriteria website anda, kalau sudah Segeralah menginstallnya. 

Jika Anda mencari tema melalui dashboard, untuk menginstallnya, gerakkan kursor ke tema yang diinginkan dan pilih Install.

Tunggulah beberapa saat sampai proses install selesai. Setelah itu, klik opsi Activate. Untuk mengaktifkan tema travel saat ini tema sudah sepenuhnya aktif! 

Cobalah cek tampilan website Anda sekarang, apakah sudah terlihat berbeda.

Website travel yang sedang Anda bangun, juga dapat dikustomisasikan sesuai dengan visi dan misi. 

Cara mengkustomisasinya (serta opsi apa saja yang tersedia) tergantung pada tema yang anda dipilih. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan WordPress Customizer.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang template yang ada di wordpres, perlu diingat bagi anda, bahwa Anda tidak harus memilih tema gratis untuk menghiasi website anda. 

Masih ada sejumlah banyak tema premium yang menawarkan banyak sekali fitur daripada versi gratisnya.

Saya contohkan Trendy Travel dan Travel Tour adalah dua dari sekian banyak tema travel WordPress populer yang bisa Anda terapkan pada website. 

Akan tetapi saya sarankan untuk mencari tema yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sekian danterima kasih.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "cara mencari Tema WordPress yang Sesuai website anda"