Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengecek garansi handphone samsung

Ketika anda membeli Handphone baru, maka wajar saja jika anda memiliki garansi barang dalam jangka waktu tertentu. 

Garansi atau dapat disebut juga sebagai warranty adalah surat keterangan jaminan bahwa produsen telah menciptakan produk dengan baik dan bebas dari kesalahan. Surat ini memiliki jangka waktu dan beberapa syarat dan ketentuan.

Biasanya, jika handphone yang anda beli masih dalam masa garansi pembelian dan handphone anda sudah mengalami kerusakan yang disebabkan dari handphone itu sendiri.

Cara Mengecek Garansi Samsung 
Maka handphone anda bisa mendapatkan service gratis dari toko resmi ataupun pusat servis Samsung di kota anda.
Selain itu, ada beberapa fungsi dari Samsung Warranty Check yang bisa anda dapatkan. Yakni sebagai berikut:
  • Dapat melakukan servis perbaikan handphone di seluruh pusat servis center Samsung di seluruh Indonesia. 
  • Masa garansi handphone biasanya 12 bulan atau 1 tahun. 
  • Bisa mendapatkan pergantian suku cadang asli Samsung. 
  • Mendapatkan jasa perbaikan servis handphone secara gratis selama masih memenuhi syarat dan ketentuan. 
Tetapi, bagaimana sih, cara mengecek apakah garansi handphone Samsung masih dapat berlaku atau tidak? Nah, berikut telah saya rangkuman tulisan artikel untuk anda dengan lengkap:

Cara Mengecek Garansi Samsung

Cara Mengecek Garansi Samsung
Anda memerlukan nomor IMEI untuk mendapatkan informasi mengenai garansi. Untuk mengetahui nomor IMEI Handphone dengan cara menekan *#06# pada menu handphone 
  • Catat dan copy nomor IMEI yang muncul nantinya. 
  • Kunjungi situs resmi Samsung di https://samsungwarrantycheck.com/atau di situs imei di http://www.imei.info saya sarankan untuk mengambil informasi dari link yang pertama. 
  • Setelah situs tersebut sudah terbuka, masukkan nomor IMEI yang tadi telah anda copy. Tunggu beberapa saat
  • Situs akan langsung memproses nomor IMEI yang telah anda masukkan dan menampilkan semua informasi mengenai Handphone Samsung tersebut. Dari mulai spesifikasi handphone yang dimiliki sampai masa garansinya
Dari sini, anda dapat mengetahui sampai kapan Handphone Samsung yang anda miliki dijamin oleh vendor penyedia Handphone. 
Jadi, jika ternyata batas waktu garansi telah lewat, maka dapat dipastikan bahwa anda akan menanggung sendiri biaya perbaikan servis, jika ada kerusakan yang terjadi pada perangkat handphone Samsung Anda.

Cara Cek Tanggal Pembelian HP Samsung

Biasanya, masa garansi akan berlaku satu tahun dari tanggal pembelian pertama anda. Sehingga, anda harus mengingat kapan tanggal tepatnya, anda membeli perangkat Samsung tersebut.
Tetapi, ada kalanya anda tidak mungkin mengingat dengan detail kapan anda membeli Handphone Samsung tersebut. 
Nah, tenang saja. Anda masih dapat mengecek waktu pemakaian pertama handphone Samsung. Ada beberapa cara untuk mengecek tanggal pembelian Handphone Samsung, agar anda dapat mengetahui kapan tanggal pembelian handphone lakukan.
Berikut beberapa tutorialnya:

Mengecek dari Kwitansi Pembelian

Biasanya ketika anda membeli perangkat elektronik, maka anda akan mendapatkan kwitansi dari toko. 
Nah, di dalam kwitansi pasti ada tanggal pembelian barang elektronik yang dapat anda cari. Dari situlah anda dapat tahu kapan tanggal pembelian Handphone Samsung anda lakukan.
Oleh sebab itu, sebenarnya tidak ada salahnya jika anda mulai menyimpan setiap kuitansi pembelian yang anda beli mulai dari sekarang untuk mengklaim garansi produk yang anda beli. 

Mengecek Melalui Dial Phone

cara mengecek garansi samsung
Jika kwitansi pembelian anda hilang, cara satu-satunya yang  dapat anda lakukan adalah mengecek masa pemakaian Handphone dan kemudian dihitung secara manual untuk mendapatkan tanggal pasti kapan anda membeli perangkat handphone Anda.
Salah satu cara cek usia pemakaian handphone adalah dengan menggunakan fitur Dial Phone. Di antara caranya adalah:
  • Buka menu handphone yang ada di Handphone Android yang anda miliki. 
  • Masukkan kode rahasia yang pada handphone Samsung berikut ini: *#12580*369# masukkan angkanya dengan benar. 
  • Tekan tombol panggil dan tunggu hingga proses loading selesai. 
  • Sesudah itu, akan muncul beberapa informasi yang memiliki kode BL, AP, CP, CSC, RF Call, dan HW Rev. 
  • Bagian lama pemakaian Handphone Samsung terletak di RF Call. Di dalam fitur RF Call terdapat informasi yang terkandung akan ada tanggal, bulan, sampai tahun di mana Handphone Samsung yang kamu miliki pertama kali di beli atau digunakan.

Mengecek Melalui Aplikasi Tambahan

Anda juga dapat mengecek usia pemakaian Handphone Samsung dari aplikasi tambahan. Yaitu aplikasi dari Google Playstore yang bernama INFO SAM. 
Pengembang dari aplikasi ini bernama vndguyen dan di sini anda dapat mengecek kapan pertama kali handphone anda diaktifkan.
Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pertama, anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi INFO SAM ke dalam Handphone Samsung Anda.
  • Setelah proses instalasi selesai, bukalah aplikasi tersebut. 
  • Akan ada beberapa menu di aplikasi ini, silahkan anda pilih menu bagian Android. 
  • Akan ada sederet informasi yang akan keluar dari aplikasi ini mengenai Handphone Samsung yang anda gunakan. Salah satunya adalah kapan Handphone pertama kali anda gunakan.
Jika anda menggunakan aplikasi ini, akan memakan memori internal yang anda miliki, hal ini sangat merugikan karena aplikasi ini digunakan sekali pakai. 
Apalagi juga dibutuhkan koneksi internet dan waktu yang lebih lama dari kedua cara di atas.
Saya menyarankan untuk mencoba cara dengan dial Phone. Selain lebih sederhana, cara tersebut juga tidak mengharuskan anda untuk menggunakan koneksi internet yang anda miliki.
Setelah anda mengetahui usia pemakaian Handphone, anda dapat melakukan Samsung Warranty Check. Cara mengecek garansi Samsung dengan usia pemakaian Handphone adalah:
  • Buka menu Setting
  • Pilih sub menu yang bertuliskan general
  • Setelah itu pilih About
  • Nanti akan ada limited warranty. Letaknya berada tepat di bawah serial number.
  • Dari limited itu anda dapat menghitung apakah handphone anda masih dalam tanggal masa garansi atau tidak.

Cara Cek Garansi Samsung Sein atau Inter

Ada dua jenis garansi yang ditawarkkan oleh pihak Samsung. Yaitu garansi Sein dan Inter. Lalu, apa perbedaan antara Garansi Sein dan Inter itu?
Nah, biasanya, garansi SEIN adalah garansi yang berlaku di wilayah perakitan. Jadi, semisal Handphone anda dirakit di Indonesia, maka garansi yang diberikan adalah garansi SEIN.
Sebaliknya, garansi inter atau disebut juga dengan garansi internasional global adalah garansi yang berlaku secara global. 
Misal karena handphone anda dirakit di luar negeri. Tetapi, anda memakainya di Indonesia sendiri maka mendapatkan garansi Inter. 
Garansi seperti ini sulit untuk diklaim karena kebanyakan Samsung Service Center Indonesia hanya menerima Handphone Samsung yang memiliki garansi Sein saja.
Berikut ini adalah cara cek garansi Samsung Sein atau Inter lengkap!

Dengan Menggunakan Kode IMEI

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Cek IMEI Samsung dengan *#06# 
  • kemudian cek nomor IMEI tersebut di situs berikut ini: https://samsungwarrantycheck.com/
  • Nanti, di sana akan ada tipe garansi yang diberikan apakah SEIN atau Inter

Dengan Menggunakan Serial Number

Garansi resmi Samsung juga dapat dicek melalui Serial Number atau SN. Biasanya ada di bagian body ataupun di kardus penjualan.
Anda juga dapat mengecek melalui menu dial up dengan menekan angka *#06# dan lalu tekan tombol panggil. Di sana akan ada beberapa kode termasuk kode nomor IMEI.
Jika didepan kode nomor IMEI memiliki huruf RR di depannya, maka dapat dipastikan bahwa garansi yang anda miliki adalah garansi SEIN. Tetapi jika tidak ada huruf RR, maka garansi anda bukan garansi SEIN.
Itulah beberapa cara mengecek garansi handphone Samsung yang dapat anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, mengklaim garansi handphone Samsung, jika handphone anda rusak, ya!
Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "cara mengecek garansi handphone samsung"