Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi handphone yang di charger tidak bertambah

Pernahkah anda mengalami Handphone yang sudah sedang dicas lama namun tidak nambah indikator baterai nya? Jika pernah anda harus mengetahui penyebabnya dan perlu segera mengatasinya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada handphone anda. 

Cara mengatasi handphone yang di charger tidak bertambah

Kerusakan pada Handphone memang beraneka macam-macam. Ada masuk ke kerusakan sistem, layar, kamera dan lain-lain. Namun kerusakan yang paling sering dialami oleh pengguna Handphone adalah baterai.

Dimana banyak pengguna yang pernah mengalami Handphone tidak dapat di charge, di cas dapat sampai penuh namun saat pemakaian baru sebentar cepat drop. 

Ada juga habis di cas baru pemakaian sebentar handphone langsung mati dan ada juga handphone yang sudah lama di cas namun baterai tidak penuh-penuh.

Tanda-tanda di atas biasanya dapat disebabkan dari baterai Handphone itu sendiri. Dan saat ini saya akan membahas masalah Handphone di cas tapi tidak dapat masuk. 

Dan sebelum masuk membahas ke tulisan artikel cara mengatasinya, Saya akan menjelaskan penyebab handphone tidak dapat di charge.

Penyebab Handphone Di Cas Tidak Masuk

Untuk penyebab handphone tidak dapat di charge tidak pasti, Namun saya akan menulis artikel penyebab apa yang umum terjadi ketika Handphone dicas tidak masuk

Baterai handphone sudah rusak

Baterai yang rusak dapat menjadi penyebab paling umum ketika Handphone sudah di cas lama namun tidak masuk. Biasanya tanda-tanda dari baterai yang sudah rusak yaitu melembung karena disebabkan oleh baterai yang bocor.

Charger Bawaan sudah Rusak

Penyebab yang lain mengapa Handphone ketika di cas tidak masuk yaitu karena charger rusak. Walaupun charger bawaan dapat awet dan tahan lama, Namun ketika sudah rusak dapat menimbulkan masalah.

Beda tipe Charger handphone 

Charger yang berbeda apalagi charge yang asal-asalan dapat menyebabkan Handphone tidak dapat masuk ketika di cas. Karena biasanya tegangan atau kekuatan charger itu juga berbeda-beda. 

Sehingga jika Handphone anda di cas menggunakan cas milik orang lain yang asal-asalan dapat menyebabkan baterai tidak terisi dan Handphone menjadi panas.

Cara Mengatasi Handphone tidak dapat di charge 

Penyebab utama masalah diatas yang saya tulis berdasarkan penyebab yang kebanyakan yang dialami oleh pengguna Handphone. Dan memang masih ada penyebab yang lain yang dapat menyebabkan hal ini dapat terjadi. Lantas bagaimana cara mengatasinya? silahkan simak berikut ini:

Menggunakan Charger Original

Jangan coba-coba menggunakan Charger handphone yang lain jika tidak dalam keadaan darurat. Karena tidak semua charger lain kecuali bawaan benar-benar cocok dengan Handphone anda. 

Biasanya jika Handphone yang anda gunakan menggunakan charger lain tidak cocok, yaitu Adanya tanda-tanda Handphone menjadi panas ketika dicharger. 

Dan biasanya juga setelah waktu yang lama di cas tidak masuk. Maka solusinya usahakan untuk menggunakan charger bawaan Handphone tersebut atau jika Charger lagi rusak, Maka anda dapat menhgunakan charger handphone yang lainnya atau membeli yang baru. 

Charger Dengan Stop Kontak Berbeda

Perbedaan stop kontak dengan charger juga dapat menimbulkan baterai tidak dapat terisi dan dicas tidak masuk. Pastinya anda pernah merasa bukan di lain tempat dimana ketika dicolokkan ke stop kontak yang berbeda, Kecepatan ketika mengisinya juga berbeda.

Nah inilah mengapa terkadang jika stop kontak yang berbeda juga dapat menimbulkan Handphone dicas tidak masuk. Solusinya adalah, Usahakan charger di tempat biasanya anda cas dan tidak mengalami masalah.

Kalibrasi Baterai

Solusi berikutnya yang dapat anda ketahui ketika Handphone tidak dapat masuk ketika dicas yaitu dengan cara kalibrasi baterai. Anda dapat gunakan bantuan aplikasi Battery Callibration.

Persiapan untuk melakukan kalibrasi yaitu isi penuh baterai sampai penuh 100% dan selanjutnya jalankan aplikasi battery callibration dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Matikan Ketika Handphone sedang di Cas

Solusi berikutnya yaitu jangan gunakan Handphone saat di cas. Karena banyak dari pengguna handphone yang sedang dicas namun tidak dapat dimatikan, Melainkan masih digunakan handphone tersebut.

Dan hal ini akan cukup berpengaruh pada kondisi handphone baterai dan jika terus-terusan melakukannya. Maka kondisi baterai akan semakin memburuk dan akan sering mengalami kebocoran. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan saat Handphone tersebut di cas tidak dapat masuk.

Jangan Keseringan Charger handphone

Penyebab lain kenapa Handphone tidak dapat dicharger karena ponsel overcharger. Hal ini dapat terjadi ketika anda Charger berulang dan berlebihan dalam cas baterai Handphone. Hal ini dapat menimbulkan baterai rusak dan menyebabkan Handphone tidak dapat masuk ketika di cas.

Ganti Baterai handphone 

Seperti yang saya tulis di awal artikel bahwa Handphone tidak masuk ketika di cas, karena baterainya. Dan jika baterai sudah rusak apalagi sudah ada tanda-tanda melembung karena baterai sudah bocor. 

Maka baterai harus segera diganti sebelum menimbulkan kerusakan pada komponen handphone yang lainnya karena melembung. Jika baterai sudah melembung handphone akan sulit sekali dicas dan tidak masuk. Bahkan jika sudah penuh dan saat digunakan langsung habis baterainya.

Bawa Ke Tukang Service handphone 

Langkah terakhir yang dapat anda coba yaitu bawa ke tukang servicer Handphone terdekat. Karena jika sudah menyangkut karena komponen handphone dalam rusak, Maka jalan satu-satunya yaitu dengan dibawa ke tukang service. Agar dibantu memperbaiki masalah Handphone tersebut. 

Begitulah tulisan artikel cara mengatasi handphone dicas tidak masuk. Semoga tulisan artikel diatas dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini dan jangan lupa share ya.

Kia krikil
Kia krikil Penulis artikel

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi handphone yang di charger tidak bertambah "